Soal Investasi dan Ekspor, Jokowi Mengaku Sempat Ingin Tambah 2 Menteri

Tuesday 12 Mar 2019, 6 : 29 pm
by
Presiden Jokowi didampingi sejumlah pejabat menekan tombol tanda dimulainya pembukaan Rakornas Investasi, di Nusantara Hall ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Selasa (12/3)

TANGERANG-Presiden Joko Widodo (Jokowi) sempat berpikir untuk menambah jabatan menteri terkait rendahnya realisasi angka investasi dan ekspor Indonesia. Adapun pos yang diwacanakan Presiden yakni
menteri yang mengurus masalah investasi dan menteri yang mengurus masalah ekspor.

“Saya sudah sampaikan seminggu yang lalu dalam forum rapat kabinet, saya bertanya apakah perlu kalau situasinya seperti ini, yang namanya menteri investasi dan menteri ekspor. Penyakit kita ada di situ,” kata Presiden Jokowi saat memberikan arahan pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Investasi, yang diselenggarakan di Nusantara Hall ICE BSD, Kabupaten Tangerang, Selasa (12/3) pagi.

Menurut Presiden, negara lain saya juga sama, di Uni Eropa juga ada menteri investasi, ada menteri khusus ekspor. Ia menyebutkan, mungkin dari sisi kelembagaan memag kita harus memiliki, menteri investasi dan menteri ekspor, dua menteri mungkin perlu.

Persoalannya, Presiden menyampaikan, nanti kalau ada menteri itu juga enggak nendang lagi ya yang salah kita semuanya. “Saya itu paling geregetan, kita mengerti kesalahan kita, kita mengerti kekurangan kita, kita mengerti jalan keluarnya, tapi kita tidak bisa menuntaskan masalah yang ada,” ucap Presiden Jokowi.

Presiden menilai pasti ada yang enggak benar di titik-titik tertentu. Ia akan mempelajari dan pasti akan menemukan ini. Jangan sampai nanti di PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu), ngomongnya SIUP (Surat Izin Usaha Perdagangan) sehari, ternyata dua minggu. IMB (Izin Mendirikan Bangunan) ngomongnya tiga hari sampai seminggu.

“Saya cek ternyata masih delapan bulan, masih enam bulan ketemu berarti di situ. Bisa di pusat, bisa di daerah,” ungkap Presiden.

Seharusnya Jadi Peluang

Sebelumnya Presiden Jokowi menyampaikan, sebetulnya perang dagang antara Tiongkok dan Amerika Serikat bisa kita manfaatkan karena investor, investasi yang ada di Tiongkok itu sudah mulai goyang, ingin mencari tempat baru, lokasi baru untuk investasinya.

Kalau ini dimanfaatkan, disambungkan. Duta besarnya bisa menyambungkan, mungkin ITPC nya bisa menyambungkan, dan BKPM bisa menjemput bola ke sana, menurut Presiden, banyak sekali.

Presiden menilai, sangat lucu banget kita ini. Sebetulnya yang ingin berbondong-bondong keluar dari Tiongkok itu industri mebel, industri produk-produk kayu dari Dongguan dekat Guangzhou.

Persoalanya kenapa datangnya ke Vietnam? Berbondong-bondongnya ke Vietnam, padahal kayunya ada di kita, raw materialnya ada di kita, rotannya ada di kita, bambunya ada di kita.

“Artinya, kita kalah rebutan, kalah merebut investasi, kalah merebut pasar. Ini tanggung jawab kita semuanya,” ujar Presiden Jokowi.

Tampak hadir dalam kesempatan itu antara lain Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala BKPM Thomas Lembong, dan Gubernur Banten Wahidin Halim

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Raih Hattrick Keuntungan Investasi Melalui Instrumen Reksa Dana

JAKARTA-PT Raiz Invest Indonesia merekomendasikan kepada calon investor untuk memiliki

Gus Yaqut: Banser Harus Jadi Tulang Punggung Persatuan Papua

MERAUKE-Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Gerakan Pemuda Ansor Yaqut Cholil