Soal Redistribusi Aset, Presiden Jokowi Ingin Semua Harus ‘Clear’

Friday 5 May 2017, 10 : 42 pm
by
Presiden Jokowi saat membuka Mukernas dan Halaqoh Ekonomi Nasional Pengusaha Nahdliyin 2017, di Ponpes Ats Tsaqafah, Jakarta, Jumat (5/5)

JAKARTA-Presiden Joko Widodo menegaskan pemerintah berencana melakukan redistribusi aset berupa lahan kepada masyarakat pada tahun ini. Setelah dicari, ada 12,7 juta hektar yang bisa dibagikan kepada rakyat, koperasi, pengusaha kecil dan menengah serta pondok pesantren. “Tetapi tidak hanya langsung diberikan. Ada syarat-syaratnya yaitu harus bisa membuat lahan itu menjadi produktif. Kita tidak mau konsesi berupa surat seperti ini gampang banget dipindahtangankan, dijual dan harganya bermiliar-miliar kalau sudah jadi seperti kertas ini,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada pembukaan Musyawarah Kerja Nasional dan Halaqoh Ekonomi Nasional Himpunan Pengusaha Nahdliyin 2017, di Pondok Pesantren Ats Tsaqafah, Jagakarsa, Jakarta, Jumat (5/5).

Pemerintah ujar Kepala Negara menginginkan agar pengusaha kecil dan menengah ini bisa naik levelnya. Namun kenaikan level ini dengan cara cara bersaing atau kompetisi yang baik. “Jadi bukan pemberian fasilitas yang langsung akan menjadikan kita tidak baik,” tegasnya.

“Nanti juga akan saya tanyakan skemanya seperti apa, desainnya seperti apa yang paling mudah. Ini nanti tugas Pak Menko Ekonomi, Pak Darmin untuk segera menyelesaikan ini,” ujar Presiden.

Presiden mengaku masih bolak balik bertanya ke Kemenko Perekonomian terkait mekanisme distribusinya termasuk cara membuat klasternya. “Kemudian nanti ini dipakai untuk apa, kalau dipakai untuk misalnya menanam kakao nanti yang menerima barangnya siapa. Harus jelas semuanya. Bisa memproduksi tapi tak bisa menjual, sama saja. Semua harus clear, harus jelas, saya ingin tahun ini dikerjakan detail sehingga yang kita kerjakan tidak ‘muspro’ (sia-sia, red) betul betul bermanfaat bagi umat, betul betul mengerakkan ekonomi yang di bawah,” tegas Presiden Jokowi.

Dijelaskan Presiden, polanya sudah ada tapi masih akan dikonsultasikan kepada pelaku-pelaku yang nanti akan diberikan.

Sebelumnya pada awal sambutannya Presiden Jokowi menginginkan agar kemitraan dengan pengusaha Nahdliyin ini harus segera dikonkritkanm tidak hanya dengan pemerintah maupun BUMN tapi juga dengan pengusaha-pengusaha besar dan konglomerat. “Pekerjaan saya sekarang adalah dalam dua minggu ini saya akan pertemukan Saudara-saudara semuanya yang tergabung dalam himpunan pengusaha Nahdliyin, yang pertama dengan kementerian kementerian yang memiliki  proyek proyek yang banyak. Yang kedua, akan saya pertemukan juga dengan BUMN-BUMN yang memiliki peluang dan kesempatan pada pengusaha Nahdliyin ini masuk, dalam dua minggu ini saya akan persiapkan pertemuan itu,” kata Presiden.

Presiden juga akan mempertemukan konglomerat-konglomerat yang juga bisa dimitrakan dengan pengusaha pengusaha Nahdliyin yang nanti akan langsung dipertemukan. “Saya hanya melihat saja.Kalau enggak konkret-konkret, nanti  disentil lagi sama Pak Kyai lagi nanti,” ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Dinas PU Tangsel Mulai Perbaiki Tanggul Ambrol

TANGERANG-Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan (Tangsel), telah memulai pekerjaan

BANI Putuskan Maybank Menang

JAKARTA-BANI (Badan Arbitrase Nasional Indonesia) yang beralamat di Wahana Graha