Solusi Pembangkit Tenaga Listrik GE Mendukung Efisiensi Tinggi

Monday 17 Sep 2018, 7 : 28 pm
by

JAKARTA-Country Director, GE Power Indonesia David Hutagalung mengatakan solusi pembangkit tenaga listrik GE mendukung efisiensi tinggi pembangkit listrik melalui teknologi H-class dan ultra supercritical terbaru, perbaikan dan upgrade pembangkit listrik, pembangkit listrik tenaga hybrid untuk pedesaan, serta gardu listrik digital dan penyimpanan tenaga listrik dalam baterai (reservoir) untuk meningkatkan stabilitas jaringan terutama pada jaringan yang menggunakan pembangkit listrik terbarukan.

Solusi-solusi tersebut adalah sebagian komponen utama dalam GE Energy Ecosystem, sistem teknologi digital dan industri yang saling terhubung yang mendukung seluruh mata rantai energi, dari produksi, distribusi hingga titik akhir penggunaan listrik.

“Mampu menghasilkan daya secara terjangkau dan berkelanjutan, tentunya juga harus dilanjutkan dengan transmisi dan distribusi yang efisien pula,” terangnya.

Disinilah gardu induk digital menjadi solusi untuk mengatasi tantangan akhir ketika listrik dialirkan dari pembangkit ke lokasi konsumen.

“Gardu digital memungkinkan operator memiliki informasi real-time tentang bagaimana energi listrik mengalir di dalam jaringan, memungkinkan pengambilan keputusan yang lebih cepat dan ketersediaan listrik yang lebih besar,” imbuhnya.

Ditegaskannya, perawatan menjadi preventif dan lebih fokus dimana hal ini sangat penting untuk Jakarta dan kota-kota besar Indonesia lainnya yang masih sering mengalami kekurangan daya listrik.

Gardu digital juga menawarkan sejumlah keunggulan lain termasuk lebih sedikit kabel tembaga hingga 200km, menghemat hingga 80% untuk biaya kabel & waktu, jejak karbon hingga 30% lebih kecil dan siklus operasional pembangkit yang 15% lebih lama.

“Belum lama ini GE terpilih untuk menyediakan Gardu Listrik Digital di GI 150kV Sepatan II Grid dan GI 150kV Teluk Naga II Grid di Jakarta. Keduanya adalah proyek percontohan PLN sekaligus merupakan penerapan gardu listrik digital pertama di Indonesia,” ucapnya.

Selama 12 bulan terakhir jelasnya, GE telah menandatangani kesepakatan sejumlah inisiatif energi di Indonesia.

Diantaranya PT Pembangkitan Jawa-Bali (PJB), PT Indonesia Power, PT Jawa Satu Power, dan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sasmito: Pansus BLBI DPD RI Harus Prioritaskan Kasus Kakap Yang Diduga Melibatkan Anthony Salim dan Syamsul Nursalim

JAKARTA-Ketua  Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Keuangan Negara (LPEKN), Sasmito Hadinegoro

Kebijakan Keuangan Harus Mudah Diakses Masyarakat

JAKARTA-Kontribusi perbankan dalam mendorong pertumbuhan ekonomi sangat besar. Karena itu,