Suara KarSa- Khofifah di Prekdisikan 50-50

Friday 1 Mar 2013, 10 : 27 am
by
Kawo-Khofifah

SURABAYA -Direktur Eksekutif Pusat Kajian Kebijakan Publik dan Pembangunan Strategis (Puskaptis), Husin Yazid menilai faktor figur masih menonjol dalam pertarungan pilgub Jatim 2013.

“Jatim adalah sebuah provinsi yang kental nilai religius. Karena itu, walaupun dari sisi ekonomi dan pembangunan Jatim maju pesat, tapi sisi religius tidak bisa dikesampingkan,” kata dia Kamis (28/2) kemarin.

Pengamat politik Universitas Indonesia (UI) itu  mengingatkan, ada tiga faktor yang menentukan kemenangan pilkada yakni figur, infrastruktur dan strategi.

Dia  berkata  ketiga faktor itu dimiliki oleh pasangan incumbent Soekarwo-Saifullah Yusuf (Karsa) dan Khofifah Indar Parawansa-Ridwan Hisjam (Kiprah).

Sehingga peluang mereka fifty-fifty.

“Bila Khofifah jadi berpasangan dengan Ridwan Hisjam, maka ini merupakan duet yang saling melengkapi karena mewakili golongan nasionalis dan religius. Karena itu akan terjadi pertarungan sengit di antara Karsa dan Kiprah seperti pilgub 2008 lalu,” kata dia.

Husin juga menilai, nuasa  politik yang belakangan melanda elit Partai Demokrat atas kasus dugaan korupsi Hambalang akan menguntungkan kompetitor Karsa.

Bahkan, tidak menutup kemungkinan pemilih yang pada pilgub lalu memilih Karsa akan bermigrasi ke pesaingnya.

Hal itu sebagai efek domino yang terjadi di Partai Demokrat sebagai partai pengusung Karsa.

“Hingar bingar yang melanda Partai Demokrat belakangan ini sangat menguntungkan kompetitor Karsa. terbukti di pilgub Jawa Barat, calon gubernur Demokrat Dede Yusuf  kalah dengan calon dari PKS,” tandas dia.

Peneliti yang sukses memprediksi kemenangan Aher-Deddy Mizwar di pilgub Jawa Barat itu mengungkapkan, bila Karsa salah strategi, mereka bisa terjungkal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

AP II memiliki layanan online melalui aplikasi travelin yang menyediakan berbagai kebutuhan traveler mulai dari sebelum perjalanan, saat melakukan perjalanan dan setelah perjalanan

AP II Siapkan Layanan TravelinLane Permudah Traveler Lakukan Penerbangan

JAKARTA-PT Angkasa Pura/AP II (Persero) secara berkelanjutan menyiapkan layanan berstandar

Kembangkan Baterai Mobil Listrik Lokal, Kemenperin Usung Konsep Circular Economy

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus berupaya berkontribusi untuk mewujudkan Indonesia sebagai