Sukmariah Raih Danamon Social Enterpreneur Award 2013

Tuesday 29 Oct 2013, 10 : 46 am
by

JAKARTA-Dewan Juri Danamon Social Entrepreneur Awards 2013 menobatkan Sukmariah sang “Srikandi Koperasi” sebagai peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2013 terfavorit berdasarkan dukungan publik melalui voting melalui website dan jejaring sosial. Empat peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2013 lainnya adalah Eko Mulyadi sang “Pendorong Kemandirian”, Jumali W. Purwito sang “Ksatria Pogog”, Umar Hussein sang “Penjahit Cinta” dan Sunarni sang “Penyambung Asa”.

Seluruh peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2013 menerima medali, piagam penghargaan dan hadiah uang tunai. Jumlah uang tunai yang diterima oleh Sukmariah sebagai peraih terfavorit adalah sebesar Rp 60.000.000 dan keempat peraih penghargaan lainnya masing-masing menerima Rp 40.000.000 dimana pajak ditanggung sepenuhnya oleh Danamon. Danamon Social Entrepreneur Awards 2013, merupakan suatu penghargaan dan bentuk apresiasi Danamon kepada pejuang kesejahteraan Indonesia.

Peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2013 terfavorit Sukmariah yang merupakan warga Tangerang, Banten terbukti dapat memberdayakan masyarakat di sekitarnya melalui pendirian koperasi simpan pinjam dan binaan. Koperasi tersebut selain memberikan pinjaman modal kepada masyarakat juga memberikan pembekalan ilmu keterampilan seperti menjahit, pembuatan sepatu, dan lain-lain. Seiring waktu berjalan, manfaat adanya koperasi simpan pinjam telah dirasakan sekitar 100 pengusaha kecil, 190 fakir miskin, 30 penjahit konveksi, 13 anak terlantar serta 20 ibu yang telah diberikan pelatihan gratis menjahit.

Selain membuka peluang bagi masyarakat untuk meningkatkan taraf hidup mereka secara mandiri, inisiatif Sukmariah ini mendorong pemberdayaan wanita. ”Kami bangga menyaksikan individu-individu luar biasa yang terpilih dalam acara malam Penganugerahan Danamon Social Entrepreneur Awards 2013. Para peraih penghargaan ini menunjukkan bahwa tantangan sosial dan ekonomi dapat diatasi dengan kegigihan dan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya yang telah tersedia. Keterbatasan fisik pun bukan menjadi halangan bagi mereka. Sebagai contoh, Umar Hussein merupakan penyandang tuna daksa namun mampu menjadikan masyarakat desanya mandiri dengan mengajarkan cara menjahit dan menoreh kesuksesan dalam bisnis menjahit. Oleh karena itu, mereka adalah pejuang kesejahteraan Indonesia sebenarnya. “Visi para peraih Danamon Social Entrepreneur Awards 2013 ini sejalan dengan visi Danamon yaitu peduli dan membantu orang lain untuk mencapai kesejahteraan. Kegiatan yang dilakukan mereka menggugah semangat dan patut dijadikan inspirasi bagi khalayak banyak,” ujar Zsa Zsa Yusharyahya, Ketua Panitia Pelaksana Danamon Social Entrepreneur Awards 2013.

Social Entrepreneur merupakan wirausahawan yang selain dapat menjalankan bisnis dengan sukses juga mampu memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat sekitar melalui kegiatan sosialnya. Pada saat yang sama, Danamon juga mengumumkan pemenang Bisa! Award 2013, suatu penghargaan kepada karyawan Danamon dan anak perusahaannya yang telah menunjukkan nilai-nilai budaya perusahaan. “Penghargaan ini merupakan wujud apresiasi Danamon kepada individu-individu yang telah berhasil dan terbukti dapat memberdayakan dan meningkatkan kesejahteraan lingkungan di sekitarnya melalui solusi kewirausahawan. Para social entrepreneur yang meraih penghargaan pada malam hari ini memiliki semangat juang tinggi dan dapat memberikan inspirasi bagi masyarakat sekitarnya untuk mandiri melalui inisitatif yang berkelanjutan,” ungkap Henry Ho, Direktur Utama Danamon.

Pada ajang penghargaan tahun ini, terdapat peningkatan sebesar hampir 300% dibandingkan tahun sebelumnya untuk jumlah proposal peserta Danamon Social Entrepreneur Awards yang diterima oleh panitia dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Selain pengumuman peraih terfavorit Danamon Social Entrepreneur Awards 2013, pada acara yang sama, Danamon mengumumkan pemenang Bisa! Award 2013 sebagai wujud apresiasi kepada karyawan Danamon dan anak perusahaannya yang telah menunjukkan nilai-nilai budaya Danamon dan mewujudkan visi perusahaan. Penganugerahan pemenang Bisa! Award ini diharapkan dapat menjadi inspirasi dalam lingkungan internal Danamon dimana manfaatnya dapat dirasakan para nasabah Danamon dengan kualitas pelayanan yang lebih baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Rusunawa Senilai Rp10 Miliar Untuk Ponpes Genggong

PROBOLINGGO-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah membangun sebanyak

Kembangkan Bandara Kediri, GGRM Tambah Modal Rp2 Triliun ke Anak Usaha

JAKARTA-PT Gudang Garam Tbk (GGRM) memutuskan untuk mengambil sebanyak 2