Sukmawati Minta Polisi Tetapkan Rizieq Shihab Tersangka Penistaan Pancasila

Saturday 14 Jan 2017, 2 : 17 am
by
Sukmawati Soekarnoputri

BANDUNG-Putri Proklamator yang juga Presiden RI ke 1 Soekarno, Sukmawati Soekarnoputri mengapresiasi kinerja Polda Jawa Barat atas dimulainya penyelidikan atas kasus dugaan penistaan terhadap Pancasila khususnya Sila pertama dan pencemaran nama baik Alm. Ir. Soekarno dengan telah memeriksa Rizieq Shihab sebagai Terlapor.

Meski demikian, dia berharap agar proses hukum ini harus diproses hingga ke Pengadilan agar publik bisa menyaksikan siapa salah dan siapa yang benar.

Hal ini disampaikan Sukmawati usai bersilaturahmi dengan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol. Anton Charliyan di Bandung, Jumat (13/1).

Seperti diketahui, Sukmawati adalah Pelapor dalam perkara dugaan tindak pidana penistaan lambang negara dan pencemaran nama baik Ir. Soekarno dengan Terlapornya Rizieq Shihab.

“Kami menyampaikan apresiasi kepada Polda Jawa Barat atas dimulainya penyelidikan dengan telah memeriksa Rizieq Shihab sebagai Terlapor,” ujar Sukmawati.

Ketika diterima Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Anton Charliyan, Sukmawati di dampingi oleh Advokat-Advokat selaku Pembela dan Penasehat Hukumnya dari Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI) masing-masing, Petrus Salestinus SH, Yongla, SH.MH, Dr. Anton Raharusun, SH dan Drs. Witaryono Reksoprodjo serta sejumlah fungsionaris Partai PNI Marhaen.

Kedatangan Sukmawati ke Polda Jawa Barat juga sekaligus bertujuan untuk mendapatkan kepastian bahwa laporan polisinya ke Bareskrim Mabes Polri yang dilimpahkan penyelidikan dan penyidikannya ke Polda Jawa Barat.

Hingga saat ini proses hukumnya sedang berlangsung oleh Polda Jawa Barat selaku Penyelidik dan Penyidik.

Baik Sukmawati Soekarnoputri maupun TPDI sangat berharap agar dalam waktu dekat ini Penyelidik dapat menaikan tahapan pemeriksaan dari Penyelidikan menjadi Penyidikan .

“Kita juga berharap agar Polda Jawa Barat segera meningkatkan status  Rizieq Shihab dari Terlapor menjadi Tersangka hingga Terdakwa sehingga bisa disidangkan dalam suatu persidangan pengadilan yang terbuka untuk umum,” harapnya.

Dalam suasana yang sangat akrab dan kekeluargaan Kapolda Jawa Barat menyambut kedatangan Sukmawati sekaligus menjelaskan perkembangan hasil penyelidikan Penyelidik Polda Jawa Barat terkait pemeriksaan Rizieq Shihab sebagai Terlapor.

Kapolda sangat mengharapkan dukungan masyarakat terutama Sukmawati Soekarnoputri selaku Pelapor agar menjaga ketertiban dan kedamaian, memberikan informasi yang berharga terkait dugaan tindak pidana yang disangkakan kepada Rizieq Shihab.

Terlebih-lebih terkait dengan pernyataannya bahwa pertanyaan yang ditanyakan oleh penyelidik adalah terkait dengan Tesis Ilmiah S-2  Rizieq Shihab tentang sejarah pembentukan Pancasila.

“Ini sangat penting agar dapat dipastikan unsur pidana dan bukti pendukungnya,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kredivo-Citilink Tawarkan Inovasi Kemudahan Kredit Instan

JAKARTA-Kredivo (PT FinAccel Teknologi Indonesia), kartu kredit digital untuk milenial

Tolak Hastag #2019GantiPresiden# Pertanda Kesadaran Masyarakat Berkonstitusi Sangat Tinggi

Oleh: Petrus Salestinus Gerakan masyarakat menolak aktivitas Mardani Ali Sera