Sukseskan Ibadah Haji 2014, Pertamina Siapkan 6.696 KL Avtur

Friday 5 Sep 2014, 3 : 01 pm
by
Ilustrasi

SOLO – PT Pertamina Marketing Operation Reg IV menyiapkan tambahan alokasi Avtur khusus penerbangan Haji sebesar 6.696 KL untuk kloter I dan II  di Depot Pengisian Pesawat Udara (DPPU) Adi Sumarmo, Solo guna meningkatkan pelayanan  pengisian bahan bakar penerbangan Ibadah Haji tahun 2014.

Secara total,  Pertamina menyiapkan sebesar 9.696 KL Avtur untuk kebutuhan seluruh pesawat udara yang ada di bandara Adi Sumarmo selama musim Haji 2014.

Dengan jumlah kloter yang diberangkatkan sebanyak 71 Kloter atau jumlah yang sama pada tahun lalu, tambahan alokasi avtur selama musim haji tahun ini meningkat 7% dibandingkan tahun 2013 lalu sebesar 6.225 KL.

Hal ini dilakukan untuk memberikan keamanan pasokan bagi penerbangan Haji 2014 di bandara Adi Sumarmo.

“Pertamina berkomitmen untuk memastikan kelancaran dan ketersediaan pasokan Avtur selama musim Haji 2014. Untuk itu kami menyiapkan tambahan alokasi lebih tinggi dibandingkan tahun sebelum untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pihak-pihak yang melayani para Jamaah Haji dalam menjalankan ibadah Haji di tahun ini”, tutur GM Marketing Operation Reg IV Subagjo Hari Moeljanto di Solo, Kamis (4/9).
Seperti diketahui, kloter Jamaah Haji tahun 2014  di bandar udara Adisumarmo Solo berasal dari wilayah Jateng & DIY

Menurutnya, rata-rata normal penyaluran Avtur per bulan di bandara Adi Sumarmo sebesar 1500 KL, sehingga konsumsi Avtur secara keseluruhan penerbangan pada musim Haji 2014 diperkirakan meningkat 53% dari rata-rata normal.

Tidak hanya menjamin ketersediaan pasokan, Pertamina juga melakukan berbagai langkah untuk memastikan pengisian avtur dapat berjalan tepat waktu.

Hal ini sangat berpengaruh pada jadwal keberangkatan pesawat, baik yang reguler maupun khusus untuk angkutan haji.

Dia menjelaskan, untuk kelancaran penyaluran dan pelayanan haji 2014, Pertamina menyiapkan inisiatif seperti jam operasi selama 24 jam, dengan pembentukan 4 regu (3 shift).

Masing-masing shift beranggotakan 5 orang pada phase I (keberangkatan haji) dan  6 orang pada phase II (pemulangan Haji).

Selain itu, PT Pertamina juga menambah jumlah  crew operator refueling (CRO) sebanyak 13 orang, untuk kelancaran beroperasi selama 24 jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Perkuat Struktur Modal, BMTR Siap Rights Issue 1,53 Miliar Saham

JAKARTA-PT Global Mediacom Tbk (BMTR) berencana melakukan Penambahan Modal dengan

Mahfud Mundur, Lonceng Tergulingnya Jokowi

Oleh: Saiful Huda Ems MenkoPolhukam Prof Mahfud MD yang juga