Suku Bunga Acuan Turun 25 Bps

Thursday 17 Mar 2016, 11 : 49 pm
by

JAKARTA-Rapat Dewan Gubernur (RDG) Bank Indonesia (BI) kembali menurunkan BI Rate atau suku bunga acuan sebesar 25 basis points (bps) menjadi 6,75 persen dari sebelumnya yang ada di angka 7 persen. Ini artinya, sepanjang 2016 ini, bank sentra telah menurunkan suku bunga acuan sebanyak 3 kali dengan besaran yang sama.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara menjelaskan RDG BI juga menurunkan suku bunga Deposit Facility sebesar 256 basis poin di angka 4,75 persen dari sebelumnya di angka 5 persen dan Lending Facility dengan besaran yang sama menjadi 7,25 persen dari 7,5 persen. “Penurunan tersebut mulai berlaku sejak 18 Maret 2016,”  jelas dia Kamis (17/3).

Menurutnya, keputusan tersebut sejalan dengan masih terbukanya ruang pelonggaran kebijakan moneter sejalan dengan terjaganya stabilitas makroekonomi, khususnya terus menurunnya tekanan inflasi di 2016 dan 2017, serta meredanya ketidakpastian di pasar keuangan global.

Di tengah masih lemahnya pertumbuhan ekonomi global, kebijakan penurunan BI Rate tersebut diharapkan semakin memperkuat upaya meningkatkan permintaan domestik untuk mendorong momentum pertumbuhan ekonomi dan pada saat yang sama menjaga stabilitas makroekonomi. “Dewan Gubernur akan lebih berhati-hati dalam menentukan pelonggaran moneter selanjutnya dengan mempertimbangkan asesmen dan prakiraan menyeluruh atas kondisi makroekonomi dan stabilitas sistem keuangan domestik serta perkembangan ekonomi global,” imbuhnya.

Untuk meningkatkan efektivitas transmisi kebijakan moneter, fokus dalam jangka pendek ke depan akan lebih menekankan pada penguatan kerangka operasional melalui penerapan struktur suku bunga operasi moneter yang konsisten. Karena itu, BI juga akan terus memperkuat koordinasi dengan Pemerintah untuk memastikan pengendalian inflasi, penguatan stimulus pertumbuhan, dan reformasi struktural berjalan dengan baik, sehingga mampu menopang pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

AirAsia dan BII Jalin Kerja Sama Strategis

JAKARTA-PT Bank Internasional Indonesia Tbk (BII) memperkuat kerja sama strategis

Polisi Kembangkan Kasus Penipuan Dengan Mencatut Nama Kapolres Tangsel

TANGERANG-Kepolisian Resor Tangerang Selatan (Tangsel), masih mengembangkan kasus penipuan dengan