Sun Life Financial Ambilalih 51% Saham CIMB Sun Life

87
photo dok reutersmedia.net

JAKARTA-Sun Life Financial Inc. (“Sun Life”) (TSX:SLF) (NYSE: SLF) mengambil alih 51% saham PT CIMB Sun Life (“CSL”), perusahaan asuransi jiwa di Indonesia dari mitra jangka panjang CIMB Group. Sun Life bermaksud untuk mengintegrasikan seluruh bisnis CSL di bawah satu merk dagang Sun Life melalui PT Sun Life Financial Indonesia (“SLF Indonesia”). Hal ini merupakan langkah utama dalam mematuhi kebijakan pemerintah Indonesia mengenai pembatasan kepemilikan tunggal (“single presence policy”).

Presiden Sun Life Financial Asia, Kevin Strain menjelaskan, SLF Indonesia juga mempererat kemitraan dengan CIMB Group melalui perluasan perjanjian bancassurance dengan PT Bank CIMB Niaga Tbk (“CIMB Niaga”), bank kelima terbesar di Indonesia berdasarkan aset per 31 Desember 2015. Perjanjian ini akan memperkuat kemampuan distribusi melalui lebih dari 618 cabang bank CIMB Niaga dan jaringan nasabah yang kuat di seluruh Indonesia.

Nasabah CSL akan dapat terus memiliki akses terhadap berbagai program pengelolaan kekayaan dan solusi asuransi jiwa yang menyeluruh seperti sebelumnya dari SLF Indonesia. “Ini merupakan kesempatan yang sangat menarik untuk memperluas serta meningkatkan bisnis kami di Indonesia yang merupakan pasar utama untuk kelangsungan pertumbuhan dan komitmen kami di Asia,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Rabu (23/3).

“Kami telah mengantisipasi serta memosisikan diri kami dalam menghadapi kebijakan kepemilikan tunggal dan menyatukan bisnis di bawah SLF Indonesia akan memberikan kemampuan yang lebih besar untuk dapat melayani nasabah dengan lebih baik. Ini termasuk investasi yang lebih efisien dalam bidang teknologi, produk, dan merek. Kami juga sangat gembira dapat memperkuat kemitraan kami dengan CIMB Group, yang juga merupakan mitra bancassurance jangka panjang Sun Life di Malaysia,” lanjutnya.

Perubahan-perubahan ini akan terus membangun momentum Sun Life di Indonesia dan akan meningkatkan keberadaannya di negara ini. Ini merupakan kelanjutan dari komitmen Sun Life untuk Indonesia yang telah diumumkan sebelumnya dengan nilai investasi sebesar US$40 juta untuk meningkatkan kualitas dan jumlah tenaga pemasar, meningkatkan penetrasi pasar melalui online dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan merek perusahaan. Di awal tahun ini, SLF Indonesia telah membuka 3 (tiga) kantor baru di Jawa Timur dan pada 2015 lalu memindahkan kantor pusat perusahaan ke Menara Sun Life di Jakarta. “Bancassurance tetap merupakan komponen inti dari skema pengelolaan kekayaan kami dan kami berharap dapat memperkuat kemitraan regional dengan Sun Life ,” ujar Group Chief Executive CIMB Goup Tengku Dato’ Sri Zafrul Aziz.

Sementara itu, Presiden Direktur dan CEO CIMB Niaga, Tigor M. Siahaan mengatakan kerja sama sinergis bancassurance CIMB Niaga dengan Sun Life memberikan kemampuan untuk menawarkan aneka produk bancassurance yang berkualitas kepada nasabah. “Dan pada saat yang bersamaan juga menyokong kemampuan distribusi Sun Life melalui 618 kantor cabang kami di seluruh Indonesia guna menjangkau nasabah kami yang terus bertambah,” tambahnya.

Pengintegrasian bisnis ini akan dipimpin oleh Elin Waty, yang akan tetap menjabat sebagai Presiden Direktur SLF Indonesia dan juga akan segera menduduki jabatan sebagai Country Manager. Sedangkan Vivien Kusumowardhani akan tetap menjabat sebagai Presiden Direktur CSL sampai dengan proses integrasi selesai dan selanjutnya beliau akan terus mendukung operasional Sun Life di Indonesia. “Kami sangat bangga memiliki Elin dan Vivien, dua orang pemimpin berdedikasi tinggi dengan rekam jejak yang telah terbukti dalam industri ini sehingga dapat saling melengkapi,” ujar Strain.

“Prioritas utama kami sekarang ini adalah mengoptimalkan tim kami untuk terus bertumbuh secara kuat sebagai satu kesatuan bisnis,” ujar Elin Waty.

“Kami sangat gembira dapat memperkuat hubungan kami dengan CIMB Niaga untuk menawarkan aneka produk inovatif yang dapat membantu nasabah kami meraih kesejahteraan melalui kemapanan finansial. CIMB Niaga mempunyai jaringan cabang yang kuat di seluruh Indonesia dan inovasi platform digital yang unggul yaitu CIMB Clicks dalam memberikan nilai tambah kepada kemitraan kami,” ucapnya.

Transaksi ini diharapkan dapat selesai pada akhir kuartal ketiga 2016, dan masih menunggu persetujuan dari regulator dan pemenuhan atas syarat-syarat penyelesaian pada umumnya.