Suning.com Masuk Daftar 500 Merek Termahal di Tiongkok

46
ilustrasi

TIONGKOK-Suning.com, perusahaan yang terdaftar dalam peringkat Fortune Global 500 milik Suning Holdings Group (“Suning”), meraih posisi ke-15 dalam 500 Merek Termahal di Tiongkok, dengan nilai merek sebesar RMB 23 miliar. Hal ini menempatkan perusahaan berada di posisi ke-13 dalam pemeringkatan tersebut dan posisi ke-1 dalam kategori industri ritel.

Daftar 500 Merek Termahal di Tiongkok diterbitkan World Brand Lab, konsultan independen terkemuka di bidang valuasi merek dan strategi pemasaran dunia. Lembaga itu menilai nilai suatu merek berdasarkan tiga aspek: kinerja keuangan, kesan konsumen dan tingkat kesadaran merek (brand awareness).

Nilai keseluruhan yang dihimpun oleh merek-merek dalam peringkat tahun 2018 tersebut adalah RMB 1,844 triliun. Berkat besarnya pertumbuhan pendapatan dan tingkat kesadaran merek, Suning.com telah mencapai nilai merek RMB 23 miliar, naik 19% secara tahunan (year-on-year).

Suning.com memiliki pertumbuhan keuangan yang baik pada 2017, meraih pendapatan operasional senilai RMB 187 miliar, dengan kenaikan tahunan 24.67%. Pada triwulan I-2018, Suning.com telah membukukan pendapatan Omni-channel senilai RMB 69,33 miliar, naik 46,33% secara tahunan.

“Sejumlah teknologi inovatif seperti AI, Big Data dan blockchain menghadirkan berbagai peluang baru bagi pertumbuhan nilai merek,” komentar Chairman World Brand Laboratory serta peraih penghargaan Novel dan ekonom, Robert Mundell.

Suning mengedepankan strategi ‘Smart Retail’ pada 2017, berkutat dalam bidang Smart Sourcing, Smart Selling, Smart Services, Smart Logistics dan Smart Business Models. Strategi tersebut memenuhi dan melampaui harapan konsumen dengan menghadirkan barang-barang dan layanan yang sesuai kebutuhan dalam skenario konsumsi yang terdiversifikasi, hingga meningkatkan pengalaman belanja.

Selama 6.18 Shopping Festival terakhir, Suning mengalami peningkatan penjualan sebesar 121% secara keseluruhan, mencerminak reputasi merek di antara kalangan konsumen dan menganut keberhasilan Smart Retail.

Sementara itu, Suning telah giat menjalankan program Tanggung Jawab Sosial. Pada akhir 2017, Suning telah menyumbangkan lebih dari RMB 1,1 miliar bagi kesejahteraan masyarakat, di bidang penanggulangan bencana, pendidikan, pemberantasan kemiskinan, pelestarian lingkungan dan beberapa sektor lain.

“Tiongkok telah merambah era baru dalam konsumsi bermutu, menyediakan pasar yang luas bagi perkembangan merek-merek lokal,” ujar Sun Weimin, Vice Chairman Suning.com,

“Sebagai merek ritel terkemuka, Suning bangga karena bisa termasuk dalam 500 Merek Termahal di Tiongkok dan terus menjalankan tanggung jawab perusahaan demi meningkatkan daya saing berbagai merek Tiongkok,” pungkasnya.