Surplus Neraca Perdagangan Berlanjut

Wednesday 15 Jun 2016, 9 : 18 pm
by
photo dok: bloomberg

JAKARTA-Neraca perdagangan Indonesia kembali mencatat surplus pada bulan Mei 2016, terutama didukung oleh surplus perdagangan nonmigas. Surplus neraca perdagangan tercatat sebesar 0,38 miliar dolar AS, lebih rendah dari surplus pada bulan sebelumnya yang sebesar 0,66 miliar dolar AS. “Surplus yang lebih rendah tersebut didorong oleh menurunnya surplus perdagangan nonmigas dan meningkatnya defisit migas,”  ujar Direktur Eksekutif  Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (15/6).

Menurutnya, neraca perdagangan nonmigas pada Mei 2016 mencatat surplus sebesar 1,09 miliar dolar AS, lebih rendah dibandingkan dengan surplus pada April 2016 yang sebesar 1,13 miliar dolar AS.

Menurunnya surplus neraca perdagangan nonmigas tersebut dipengaruhi oleh meningkatnya impor nonmigas (0,2%, mtm) dan menurunnya ekspor nonmigas (0,3%, mtm). Peningkatan impor nonmigas didorong oleh peningkatan impor plastik dan barang dari plastik, serealia, gula dan kembang gula, biji-bijian berminyak, serta kapal terbang dan bagiannya. “Sementara itu, penurunan ekspor nonmigas terutama disebabkan oleh turunnya ekspor lemak dan minyak nabati, mesin/peralatan listrik, mesin/pesawat mekanik, produk kimia, dan timah,” tuturnya.

Di sisi migas lanjutnya, defisit neraca perdagangan migas meningkat dari 0,47 miliar dolar AS di April 2016 menjadi 0,71 miliar dolar AS pada Mei 2016. Peningkatan defisit tersebut dipengaruhi oleh kenaikan impor migas sebesar 22,5% (mtm), khususnya impor minyak mentah, yang jauh lebih besar dari peningkatan ekspor migas sebesar 7,4% (mtm).  “Ke depan, kinerja neraca perdagangan diperkirakan akan tetap positif dalam mendukung transaksi berjalan pada level yang berkesinambungan,” ujarnya.

BI jelasnya,  akan terus mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik yang dapat memengaruhi kinerja neraca perdagangan serta mengupayakan agar kegiatan ekonomi domestik terus berjalan dengan baik.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Menteri Marwan Dorong Peningkatan BUMDesa

BOGOR-Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendesa PDTT) terus

Tim Gagak Hitam Satpol PP Tangsel Tangkap 20 Orang Pemuda

TANGERANG-Tingkatkan kesadaran penggunaan masker, Tim Gagak Hitam Satpol PP Tangerang