Surplus Neraca Perdagangan Juni 2016 Sebesar USD 0,90 Miliar

Friday 15 Jul 2016, 8 : 51 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Surplus neraca perdagangan Indonesia meningkat pada Juni 2016, didukung oleh perbaikan kinerja neraca perdagangan nonmigas maupun migas. Surplus neraca perdagangan tercatat sebesar 0,90 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan surplus pada Mei 2016 yang sebesar 0,37 miliar dolar AS.

Direktur Eksekutif  Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan untuk keseluruhan triwulan II 2016, neraca perdagangan Indonesia mencatat surplus sebesar 1,94 miliar dolar AS, meningkat dibandingkan dengan surplus triwulan I 2016 yang sebesar 1,66 miliar dolar AS.

Neraca perdagangan nonmigas pada Juni 2016 mencatat surplus sebesar 1,40 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan dengan surplus pada Mei 2016 yang sebesar 1,08 miliar dolar AS. “Meningkatnya surplus neraca perdagangan nonmigas tersebut dipengaruhi oleh ekspor nonmigas yang meningkat 11,1% (mtm), lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan impor nonmigas yang tercatat sebesar 9,1% (mtm),” imbuhnya.

Peningkatan ekspor nonmigas dipengaruhi oleh peningkatan ekspor produk manufaktur seperti mesin/peralatan listrik, mesin/pesawat mekanik, pakaian jadi bukan rajutan, dan barang-barang rajutan, serta ekspor bijih, kerak, dan abu logam. Sementara itu, meningkatnya impor nonmigas didorong oleh meningkatnya impor mesin dan peralatan mekanik, mesin dan peralatan listrik, besi dan baja, kendaraan dan bagiannya, serta barang dari besi dan baja.

Di sisi migas, defisit neraca perdagangan migas tercatat 0,50 miliar dolar AS pada Juni 2016, turun dari 0,71 miliar dolar AS pada Mei 2016. Penurunan defisit neraca perdagangan migas tersebut dipengaruhi oleh kenaikan ekspor migas yang sebesar 23,9% (mtm), terutama ekspor minyak mentah 27,8% (mtm) dan gas alam 23,0% (mtm), jauh lebih besar dari peningkatan impor migas yang sebesar 1,0% (mtm).

BI memandang bahwa kinerja neraca perdagangan pada Juni 2016 dan keseluruhan triwulan II 2016 positif dalam mendukung kinerja transaksi berjalan. “BI akan terus mencermati perkembangan ekonomi global dan domestik yang dapat memengaruhi kinerja neraca perdagangan serta mengupayakan agar kegiatan ekonomi domestik terus berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Cegah Covid-19, Pemkot Tangsel Anggarkan Rp 47 Miliar

TANGERANG-Pemerintah Kota Tangerang Selatan Tangsel), mengaku serius melakukan penanganan dan

Infrastruktur Pariwisata Dibenahi, PAD Manggarai Barat Naik 100 %

LABUAN BAJO-Kontribusi pembangunan infrastruktur di kawasan destinasi wisata Labuan Bajo,