Survei BI: Optimisme Konsumen Menguat Pada April 2019

18

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) pada April 2019 mengindikasikan bahwa optimisme konsumen meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2019 yang sebesar 128,1, lebih tinggi dibandingkan 124,5 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko mengatakan optimisme konsumen yang meningkat didorong oleh menguatnya ekspektasi konsumen terhadap kondisi ekonomi ke depan dan membaiknya persepsi konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini.

“Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) meningkat terutama ditopang oleh meningkatnya ekspektasi kegiatan dunia usaha 6 bulan mendatang,” jelasnya.

Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) juga meningkat didukung oleh membaiknya persepsi terhadap penghasilan saat ini dan keyakinan untuk membeli barang tahan lama.

Hasil survei juga mengindikasikan bahwa tekanan kenaikan harga diperkirakan menurun dalam 3 bulan mendatang (Juli 2019), terutama dipengaruhi oleh kembali normalnya permintaan barang dan jasa seiring berlalunya periode Hari Raya Idul Fitri.

“Selanjutnya, tekanan harga juga diperkirakan menurun dalam 6 bulan mendatang (Oktober 2019) didukung oleh persepsi konsumen terhadap terjaganya pasokan barang konsumsi dan lancarnya distribusi barang,” pungkasnya.