Survei BI: Optimisme Konsumen Meningkat

Survei BI: Optimisme Konsumen Meningkat

0
BERBAGI
ilustrasi

JAKARTA-Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) mengindikasikan optimisme konsumen pada April 2017 meningkat. Hal ini tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) April 2017 sebesar 123,7, lebih tinggi dibandingkan 121,5 pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Tirta Segara menjelaskan peningkatan IKK tersebut bersumber dari kenaikan Indeks Kondisi Ekonomi Saat Ini (IKE) sebesar 3,4 poin dan Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) sebesar 1,0 poin.

Konsumen memperkirakan tekanan harga pada 3 bulan mendatang masih meningkat, terindikasi dari Indeks Ekspektasi Harga (IEH) 3 bulan mendatang sebesar 176,5, naik 4,8 poin dari bulan sebelumnya. “Hal ini dipengaruhi oleh perkiraan belum kembali normalnya harga pasca-Hari Raya Idul Fitri serta adanya tekanan terkait periode tahun ajaran baru,” jelasnya.

Hasil survei juga mengindikasikan porsi pendapatan yang digunakan untuk tabungan meningkat pada April 2017 dibandingkan bulan sebelumnya. “Meski demikian, kenaikan jumlah tabungan diperkirakan melambat pada 6 bulan mendatang,” pungkasnya.