Survei BI: Penjualan Eceran Maret 2018 Meningkat

Tuesday 8 May 2018, 6 : 10 pm
by
ILustrasi

JAKARTA-Survei Penjualan Eceran Bank Indonesia (BI) mengindikasikan peningkatan pertumbuhan penjualan eceran pada Maret 2018, didukung oleh kelompok Suku Cadang dan Aksesori serta kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau.

Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) yang tumbuh 2,5% (yoy), meningkat dari 1,5% (yoy) pada bulan sebelumnya.

Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Agusman mengatakan peningkatan penjualan eceran pada periode laporan didorong oleh penjualan kelompok Suku Cadang dan Aksesori yang tumbuh 11,0% (yoy), meningkat dari 9,5% (yoy) pada bulan sebelumnya, serta ditopang oleh peningkatan penjualan eceran kelompok Makanan, Minuman dan Tembakau yang tumbuh 6,8% (yoy), meningkat dari 4,9% (yoy) pada bulan Februari 2018.

Menurutnya, penjualan eceran diperkirakan terus meningkat pada April 2018 yang tercermin pada IPR yang tumbuh 3,4% (yoy) dibandingkan dengan bulan sebelumnya.

“Perkiraan peningkatan kinerja penjualan terutama bersumber dari penjualan komoditas Suku Cadang dan Aksesori yang tumbuh 12,3% (yoy) dan sub kelompok Sandang sebesar 12,1% (yoy),” ulasnya.

Hasil Survei juga mengindikasikan adanya peningkatan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam tiga bulan mendatang (Juni 2018), sejalan dengan faktor musiman Ramadhan dan Idul Fitri. Indikasi tersebut tercermin dari kenaikan Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 3 bulan menjadi 169,0 dari 164,0 pada bulan sebelumnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BPS: September 2023 Inflasi YoY Sebesar 2,28%, Tertinggi di Manokwari

JAKARTA-Badan Pusat Statistik (BPS) mengumumkan, September 2023 inflasi year on

Data Penerima Bansos di Tangsel Akan Diunggah ke Website

TANGERANG-Dinas Sosial (Dinsos) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mengumumkan Keluarga Penerima