Survei BI: Penjualan Eceran Tetap Tumbuh Positif

Wednesday 9 Oct 2019, 11 : 04 pm
by
ilustrasi

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) mencatat penjualan eceran pada Agustus 2019 tumbuh melambat. Hal ini tercermin dari Indeks Penjualan Riil (IPR) Agustus 2019 yang tumbuh 1,1% (yoy), lebih rendah dibandingkan dengan IPR Juli 2019 sebesar 2,4% (yoy).

“Kinerja penjualan eceran tersebut ditopang oleh kelompok Suku Cadang dan Aksesori yang tumbuh tinggi, serta kelompok komoditas Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya yang tumbuh meningkat, antara lain barang elektronik selain audio/video dan perabot rumah tangga,” ujar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI, Onny Widjanarko Rabu (9/1).

Dia memperkirakan, penjualan eceran tumbuh meningkat pada September 2019. Hal itu terindikasi dari IPR September 2019 yang diprakirakan tumbuh sebesar 2,1% (yoy). Peningkatan tersebut terutama bersumber dari meningkatnya pertumbuhan penjualan kelompok Perlengkapan Rumah Tangga Lainnya dan kelompok Makanan, Minuman & Tembakau, serta tetap tingginya pertumbuhan penjualan kelompok Suku Cadang dan Aksesori.

Hasil survei juga mengindikasikan tekanan kenaikan harga di tingkat pedagang eceran dalam enam bulan mendatang (Februari 2020) diprakirakan akan menurun.

“Hal ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Harga Umum (IEH) 6 bulan yang akan datang sebesar 168,2, lebih rendah dibandingkan IEH pada bulan sebelumnya sebesar 174,7,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Kejari Kota Tangerang Tetapkan 2 Tersangka Korupsi Rp 3,8 Miliar

TANGERANG-Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Tangerang, menetapkan dua orang tersangka tindak

BNI Syariah Raih Most Innovative Waqf Initiative 2019

JAKARTA-BNI Syariah terus melakukan inovasi digital salah satunya dalam platform