Survey IndoBarometer : Kang Emil Cagub Terkuat Jabar

Thursday 23 Mar 2017, 5 : 45 pm

JAKARTA–Hasil survey Indo Barometer menyebutkan Walikota Bandung Ridwan Kamil berpotensi menjadi  Gubernur Jawa Barat (Jabar). Alasannya  tingkat pengenalan pengenalan publik terhadap Ridwan Kamil mencapai 65%. Hasil survey ini  menjadikan  cagub dengan elektabilitas tertinggi. ” Peluang Ridwan Kamil makin besar mengingat kepuasan pada Wagub incumbent Deddy Mizwar hanya 42%,” kata Direktur Eksekutif Indo Barometer, Dr Muhammad Qodari di Jakarta, Kamis (23/3/2017).

Biasanya, kata Qodari, jika kepuasan incumbent di bawah 50%, maka kecenderungannya akan kalah. “Namun pilkada Jawa Barat masih dinamis mengingat pelaksanan masih Juni 2018. Menarik untuk terus diamati,” ujarnya.

Dari pertanyaan terbuka kata Qodari, nama calon gubernur yang banyak disebut adalah Ridwan Kamil (9.4%). Selanjutnya Dedi Mulyadi (3.6%), Dede Yusuf (3.5%), dan Deddy Mizwar (2.9%). Sebesar 77.1% pemilih masih belum memutuskan.

“Jika simulasi pertanyaan tertutup dengan 14 nama calon gubernur, tingkat keterpilihan Ridwan Kamil meningkat (22%). Posisi di bawahnya adalah Deddy Mizwar (14.1%), dan Dede Yusuf (11.8%). Sedangkan Dedi Mulyadi (7.3%),” tambahnya.

Namun, jika simulasi pertanyaan tertutup dengan 5 nama calon gubernur, dukungan Ridwan Kamil menjadi 25.3%. Disusul Deddy Mizwar (19.3%), dan Dede Yusuf (14.2%). Sementara Dedi Mulyadi (8.1%) dan Bima Arya Sugiarto (1.9%).

Qodari mengakui  ada yang menarik dalam survei tersebut, dimana nama calon yang paling dikenal adalah Deddy Mizwar (97.8%), laluDesy Ratnasari (92.1%), Dede Yusuf (91.3%), Ridwal Kamil (65.4%), dan Nurul Arifin (52.4%).

Dari nama yang paling dikenal, Deddy Mizwar disukai sebesar (81.8%), Desy Ratnasari (81.0%), Dede Yusuf (85.2%), Ridwan Kamil (93.9%). Dan nurul Arifin (70.4%).

Dari aspek kepribadian (Mampu Memimpin, Jujur/Bersih dari korupsi, Pintar, Berwibawa sebagai sebagai pemimpin, dekat dengan rakyat, dan tegas), Ridwan Kamil dipersepsikan unggul diseluruh kategori dari calon-calon lainnya.

Dari aspek kemampuan (mampu mengatasi masalah ekonomi, mampu mengatasi masalah keamanan, mampu mengatasi masalah hukum, mampu mengatasi masalah sosial) Ridwan Kamil juga dipersepsikan unggul di semua kategori tersebut di banding calon lainnya seperti Deddy Mizwar, Dede Yusuf, Dedi Mulyadi, dan Bima Arya Sugiarto.
“Adapun alasan yang paling banyak diungkap publik dalam memilih calon gubernur adalah dekat dengan rakyat, kinerjanya bagus, dan pintar/intelektual,” kata dia.

Sementara itu, Sekjen PKB, Abdul Kadir Karding menambahkan, elektabilitas Kang Emil, begitu Ridwan Kamil disapa, sudah sangat tinggi, padahal dia belum bergerak apa-apa. “Kang Emil belum bergerak, baru mengkapitalisasi media sosial, belum terjun ke daerah-daerah, tetapi elektabilitas sudah tinggi. Ini modal baik untuk running sebagai calon gubernur,” kata Karding.

Survei Indo Barometer ini dilaksanakan di wilayah Jawa Barat yang meliputi 27 kabupaten/kota. Survei ini dilaksanakan pada 27 Februari sampai 7 Maret, dengan jumlah responden 800 orsng dan margin of error sebesar kurang lebih 3.46% pada tingkat kepercayaan 95%. ***

Don't Miss

Presiden Jokowi Dorong Penyelesaian Perundingan Batas ZEE Indonesia-Vietnam

BANGKOK-Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendorong penyelesaian negosiasi batas Zona Ekonomi

IPCM  Kembali Salurkan 500 Bantuan Paket Sembako Untuk Warga Terdampak Covid-19

JAKARTA-PT Jasa Armada Indonesia Tbk (IPCM) bekerjasama dengan Majelis Amil