Tabungan Kurban

Friday 9 Aug 2019, 12 : 41 am
by
Tabungan Qurban
ilustrasi

Oleh: Justitia Tripurwasani

Hari raya Idul Adha akan dirayakan oleh umat muslim di Indonesia pada hari Minggu ini. Hari besar ini juga identik dengan berkurban. Apakah Anda sudah membeli hewan kurban? Jika belum, dan alasannya adalah karena tidak ada dana, mari kita simak tips dari Justitia Tripurwasani, Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI), agar Anda bisa membeli hewan kurban.

Niat dan jadikan sebagai tujuan keuangan

Ketika sudah memiliki niat untuk membeli hewan kurban di tahun depan, maka jadikan ini sebagai tujuan keuangan jangka pendek Anda. Buat sebagai pos keuangan tersendiri yang harus Anda isi hingga tercapai jumlahnya.

Tabungan kurban

Berapa jumlah yang harus Anda tabung setiap bulannya? Hewan kurban ditawarkan dengan harga yang beragam. Kambing ditawarkan mulai dari Rp 1,9 juta/ekor, sedangkan sapi ditawarkan mulai dari Rp 13,5 juta/ekor. Dengan perkiraan kenaikan harga sebesar 15%, maka harga hewan kurban tersebut akan menjadi sekitar Rp 2,2 juta/ekor kambing dan sekitar Rp 15,6 juta/ekor sapi pada tahun depan.

Jadi, dalam 12 bulan ke depan Anda harus menabung mulai dari Rp 183 ribu/bulan untuk membeli seekor kambing dan mulai dari Rp 1,3 juta/bulan untuk membeli seekor sapi.

Simpan di reksa dana pasar uang

Reksa dana pasar uang syariah sangat cocok digunakan untuk menyimpan dana investasi dalam jangka pendek. Selain likuid alias dapat dicairkan kapan saja tanpa dibebankan denda, reksa dana pasar uang syariah juga tidak dipotong pajak – karena bukan objek pajak. Potensi imbal hasil reksa dana pasar uang syariah pun lebih kompetitif dibandingkan tabungan dan deposito, yaitu sekitar 5,8% per tahun dan halal. Selain itu, dengan disimpan di reksa dana pasar uang syariah, Anda tidak mudah tergiur untuk menggunakan dana kurban untuk keperluan lainnya. Sebab, dana ini tersimpan dalam rekening tersendiri, yang tidak bisa Anda tarik dari mesin ATM atau gesek dari mesin debit bank.

Manfaatkan bonus tahunan dan THR

Jika menyicil setiap bulan akan mengganggu keuangan keluarga Anda, masih ada acara lain. Ketika Anda menerima bonus tahunan, langsung sisihkan sebagian untuk membeli hewan kurban. Anda bisa langsung menyisihkan sejumlah harga satu ekor kambing atau sapi. Namun, jika masih belum mencukupi, manfaatkan sebagian THR Anda, dan cicil setiap bulan.

Ketika niat baik sudah diikrarkan di dalam hati dan diikuti oleh usaha maksimal, Insya Allah hasil yang dicapai akan sesuai dengan harapan dan berkah.

Penulis adalah Kepala Unit Pengelolaan Investasi Syariah (UPIS) PT Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Polisi-OJK Harus Sapu Bersih Pinjol Ilegal

JAKARTA-Anggota Komisi XI DPR RI Wihadi Wiyanto mengusulkan agar Bareskrim

Pertama, Bank Sampah Digital di Tangsel Banten

BANTEN-Bank Sampah PETRA berbasis digital yang diinisiasi oleh Pemuda Katolik