Tangkap dan Adili M. Riza Chalid- Setya Novanto

1319
Ketua Umum DPP Pos Raya, Ferdinandus Semaun saat berorasi

JAKARTA-Sekitar 500 orang massa yang menamakan diri Forum Mahkamah Rakyat menggelar aksi unjuk rasa di depan pintu gerbang DPR-RI. Dalam aksi yang dimulai sekitar pukul 12.00 WIB tersebut, mereka menuntut agar ketua DPR- RI Setya Novanto dan pengusaha M. Riza Chalid segera ditangkap dan diadili.

Ketua Umum DPP Pos Raya Ferdinandus Semaun, yang hadir dalam aksi tersebut dalam orasinya menegaskan, sejarah karir politik Setya Novanto penuh dengan catatan skandal yang berbau korupsi, untuk itu sangat tidak pantas tetap dipertahankan sebagai Ketua DPR-RI. Demikian juga dengan sosok M. Riza Chalid, pengusaha yang ditengarai banyak mendapatkan keuntungan secara tidak wajar dari bisnis BBM bersama PETRAL. “Sudah saatnya mereka harus mempertanggungjawabkan perbuatannya di depan hukum,” tegas Ferdinandus di Jakarta, Senin (7/12).

Untuk itu Ferdi menegaskan agar lembaga penegak hukum harus segera bertindak dengan tegas.

Pada kesempatan tersebut Ferdi Semaun juga mendesak Presiden Jokowi untuk segera mengambil tindakan yang tegas berupa pemecatan terhadap para pembantunya yang sudah terlibat dalam sindikat Mafia. Munculnya nama Luhut B. Panjaitan dan Darmawan Prasodjo dalam skandal Papa Minta Saham merupakan bukti yang sangat kuat kalau operasi sindikat mafia sudah memasuki jantung Istana. “Kalau Jokowi tidak mengambil tindakan yang tegas dan tetap mengakomodir mereka dalam pemerintahannya, bukan tidak mungkin masyarakat luas akan berpikir bahwa Jokowi sudah terinfiltrasi dan tunduk pada kepentingan mafia,”tegas Ferdi.

Sementara itu, menanggapi pemeriksaan terhadap Setya Novanto yang dilakukan oleh MKD secara tertutup, Dewan Pembina DPP Pos Raya Fianto Sitorus mengecam dengan keras. Sidang MKD terdahulu dilakukan secara terbuka, mengapa dalam pemeriksaan Setya Novanto dilakukan secara tertutup? Apakah ada faktor yang luar biasa yang mendorong MKD memberikan perlakuan yang sangat istimewa terhadap Setya Novanto? Tanya Fianto.

Fianto Sitorus mencurigai, Sidang MKD merupakan skenario untuk menyelamatkan Setya Novanto dan semua pihak yang terlibat dalam Skandal Papa Minta Saham.

Menyikapi keanehan tersebut, Fianto Sitorus meminta agar KPK proaktif mengawal proses sidang MKD dan melakukan penyadapan terhadap jaringan komunikasi semua anggota DPR yang duduk di MKD serta pihak-pihak lain yang terlibat dalam skandal Papa Minta Saham tersebut.