Targetkan Pertumbuhan Berlipat, Tourism 4.0 untuk Milenial

Friday 1 Mar 2019, 8 : 03 pm
by
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya
Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya

Go Digital

Menpar Arief menegaskan program Go Digital menjadi salah satu program strategis Kemenpar dalam upaya memenangkan pasar di era industri 4.0.

“Suka atau tidak suka, sudah terjadi perubahan perilaku pasar. Semua telah bergeser ke arah digital dan saat ini industri dunia telah bergeser ke arah industri digital era 4.0,” jelasnya.

Perubahaan perilaku pasar, katanya lebih lanjut diikuti pula dengan berubahnya perilaku konsumen (customer behavior) yang semakin mobile, personal, serta interatif dan ini menjadi sifat dari digital yakni semakin digital, semakin personal (the more digital, the more personal).

“Dalam industri pariwisata perubahan perilaku konsumen itu terlihat ketika search and share 70% sudah melalui digital. Industri travel agen sudah tidak lagi bisa mengandalkan walk in service untuk reservasi tiket dan memilih paket wisata. Semua sudah berubah dengan digital,” tuturnya.

Dia juga mengingatkan kembali tagline The more digital, the more personal. The more digital, the more professional. The more digital, the more global.

Menpar Arief menjelaskan, perubahaan perilaku konsumen yang mempengaruhi pasar tersebut digerakkan oleh kaum milenial dan hal ini sejalan dengan semangat Presiden Jokowi yang menyebutkan bahwa milenial adalah masa depan Indonesia.

“Milenial itu selalu digital, mobile, interaktif dan jumlahnya mencapai 50% dari jumlah wisman yang inbound ke Indonesia. Siapa yang menguasai komunitas anak muda, dialah yang berpotensi memenangkan pasar masa depan,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Silaturahmi di Rumah Keluarga Tarian Cinta, Romo Budi dan Kiai Budi

SEMARANG-Bila di hari pertama Idul Fitri 1438 H, Ketua Komisi

Program Sertifikasi Lahan Akan Diteruskan

JAKARTA-Target tinggi bagi penerbitan sertifikat hak atas tanah yang dimiliki