Tata Kelola Perusahaan Semen Indonesia Terbaik

Sunday 23 Mar 2014, 3 : 14 pm
by
Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto

JAKARTA-PT Semen Indonesia (Persero) Tbk menjadi salah satu di antara  perusahaan publik dengan tata kelola (governance) terbaik berdasarkan ASEAN Corporate Governance Scorecard.

Penghargaan ini diberikan oleh Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD)  di Jakarta Jumat (20/3) lalu.

IICD adalah sebuah lembaga independen berskala internasional yang mendorong tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) untuk meningkatkan daya saing ekonomi.

Secara rutin IICD melakukan penilaian dengan menggunakan ASEAN Corporate Governance Scorecard (ACGS) untuk memilih Top 50 Perusahaan Terbuka yang mempunyai tata kelola perusahaan yang baik.

Direktur Utama Semen Indonesia, Dwi Soetjipto, mengatakan, prestasi perseroan masuk jajaran perusahaan dengan tata kelola terbaik berdasarkan ASEAN Corporate Governance Scorecard membuktikan komitmen dan bukti nyata perusahaan mematuhi pedoman tata kelola.

”Prestasi ini membuktikan bahwa perseroan telah bertransformasi menjadi perusahaan multinasional yang memenuhi kaidah tata kelola global. Hal ini akan mendorong terwujudnya BUMN berdaya saing global sekaligus merupakan modal untuk menghadapi integrasi pasar ekonomi ASEAN pada 2015,” ujar Dwi Soetjipto.

Dalam penilaian tata kelola perusahaan oleh IICD ini, sejumlah indikator dipakai secara ketat dan berjenjang.

Di antaranya adalah komitmen dan langkah sebuah perusahaan dalam memenuhi hak pemegang saham, seperti pembayaran dividen, hak berpartisipasi dalam Rapat Umum Pemegang Saham, dan perlindungan terhadap pemegang saham mayoritas terhadap praktik yang tak terpuji.

Indikator praktik terlarang seperti insider trading  (pemanfaatan info orang dalam) dan transaksi benturan kepentingan juga dinilai.

”Kami akan selalu memastikan dalam setiap operasional tidak ada benturan kepentingan di antara manajemen dan pihak ketiga yang terlibat di dalam mata rantai bisnis perseroan,” ujar Dwi Soetjipto.

Penilaian tata kelola perusahaan oleh IICD ini juga meliputi aspek pemberian manfaat kepada para pemangku kepentingan, seperti keamanan produk bagi konsumen dan pemberdayaan masyarakat.

Aspek transparansi juga menjadi salah satu poin vital di mana IICD mensyaratkan adanya pola komunikasi perusahaan ke publik yang terbuka.

”Salah satu indikatornya adalah keberadaan tim investor relation yang setiap saat bisa menyediakan informasi yang diperlukan terkait Semen Indonesia. Selain itu, keberadaan website perseroan yang menampilkan semua data dan informasi juga menjadi penilaian,” kata Dwi Soetjipto.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ganjar Sebut Mahfud Contoh Teladan Pemimpin yang Baik

JAKARTA–Calon Presiden (Capres) nomor urut 3, Ganjar Pranowo mengatakan bahwa

Kerugian ISAT Hingga Kuartal III Melonjak Jadi Rp457,5 Miliar

JAKARTA-PT Indosat Tbk (ISAT) pada Kuartal III-2020 mencatatkan rugi bersih