Thamcit Makin Lengkap Jadi Destinasi Wisata Belanja

81

JAKARTA-Pusat Belanja Thamrin City yang terletak di jantung kota Jakarta telah dikenal luas sebagai Pusat Perdagangan Batik terbesar dan Pusat Perdagangan Busana Muslim.

Sebagai destinasi kunjungan wisata belanja, kini Thamrin City makin lengkap dengan kehadiran armada bus Damri untuk memudahkan wisatawan dari dan ke Bandara Soekarno Hatta.

Menurut General Manager Operasional Thamrin City Adi Adnyana, Thamrin City telah bekerjasama dengan Perum Damri untuk menjadi salah satu penghubung wisata belanja langsung dari dan ke Bandara Soekarno Hatta. “Tersedia 20 unit Bus Damri dari Bandara Soekarno Hatta ke Thamrin City yang akan ditempatkan di Hotel Amaris dan Lobby Ladies Market lantai Dasar, untuk memudahkan para wisatawan,” ujar Adi Adnyana.

Adi menjelaskan kerjasama dengan Damri telah diresmikan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada akhir Mei 2017. Ditandai dengan peluncurkan Transportasi Jabodetabek Airport Connexion (JAConnexion).

Layanan ini diprakarsai oleh Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ), melayani rute dari Bandara Soekarno Hatta ke hotel-hotel dan pusat belanja. “Kerjasama dengan Damri ini semakin memudahkan mobilitas wisatawan yang ingin berbelanja ke Thamrin City sebagai destinasi kunjungan wisata belanja,” tambahnya.

Perum Damri menjadi salah satu operator JAConnexion yang melayani angkutan dari hotel dan pusat perbelanjaan di berbagai titik di Jabodetabek ke Bandara Soekarno Hatta.

Untuk menjadi destinasi kunjungan wisata belanja, lanjut Adi, Thamrin City juga didukung oleh keragaman produk yang khas Indonesia seperti kehadiran aneka produk batik dari berbagai daerah di Nusantara dan busana muslim dari pengrajin dan UKM dari daerah-daerah.
“Salah satu ciri Thamrin City adalah pemberdayaan UMKM dan produk-produk yang sifatnya khas Indonesia, itu kita dukung penuh selama ini,” jelasnya.

Adi menambahkan, kemudahan berbelanja di Thamrin City, juga ditunjang lengkapnya ATM dari semua bank nasional, antara lain Bank BCA, BNI, BRI, Mandiri Bank, Bank Victoria dan lainnya. “Bank-bank tersebut mendukung dalam bentuk pemberian mesin EDC di toko-toko, jadi tidak perlu khawatir bagi yang tidak membawa uang tunai dapat menggunakan debit atau kartu kredit,” tukasnya.

Disamping itu, destinasi juga perlu adanya informasi, masih menurut Adi, Thamrin City juga untuk itu ditunjang sarana Wifi bekerjasama dengan Telkomsel. Selain itu juga dilengkapi sarana infrastruktur terutama tempat parkir yang luas cukup untuk menampung ribuan kendaraan mobil dan motor. “Untuk memudahkan transportasi juga dilengkapi layanan shuttle gratis untuk mengantar pengunjung dengan rute ke Grand Indonesia terus ke Plaza Indonesia dan kembali lagi ke Thamrin City, setiap 20 menit,” paparnya.

Masih menurut Adi, pihaknya juga mengundang berbagai komunitas untuk meramaikan dan sebagai sarana untuk edukasi publik tentang aneka produk Batik Nusantara dan memberikan informasi tentang Pusat Busana Muslim terbesar dan terlengkap serta pernik-pernik Haji dan Umrah. “Ketika bulan Ramadhan yang lalu dilaksanakan kegiatan Festival Kurma di Planet Haji & Umroh yang terletak di lantai 3A, buah kurma merupakan buah yang identik dengan bulan Ramadhan,” kata Adi.

Untuk kemudahan akomodasi juga tersedia Hotel Amaris di Thamrin City dengan lebih dari 150 kamar, sehingg tidak perlu repot untuk mencari penginapan. “Fasilitas Hotel Amaris cukup memadai dengan harga kamar terjangkau,” tandasnya. ***