Thamrin City Komitmen Kembangkan Batik Nusantara

73

JAKARTA-Pusat Batik Nusantara (PBN) Thamrin City memiliki komitmen terus membina dan meningkatkan kualitas UKM pengrajin batik agar produknya berkualitas internasional. Karena itu berbagai cara ditempuh termasuk menggelar Fashion Show Carnaval On the Street.

General Manager Operasional Thamrin City Adi Adnyana menjelaskan Thamrin City yang berlokasi strategis di pusat kota Jakarta sebagai pusat bisnis dan perdagangan akan mempermudah dan mendekatkan interaksi pengrajin yang beragam dari Nusantara dengan konsumen batik di Jakarta sampai Indonesia bahkan dunia.  “Dan harga batik yang terjangkau membuat Pusat Batik Nusantara menjadi tempat yang  cepat dikenal bagi pengguna batik untuk mendapatkan berbagai koleksi motif batik dan model terbarunya,” katanya pada puncak perayaan HUT ke – 7 PBN Thamrin City yang dihadiri oleh jajaran direksi dan management Thamrin City serta dihadiri  oleh para sponsor yang mendukung terselenggaranya acara tersebut.

Lebih jauh Adi menambahkan perayaan ulang tahun ke 7 Pusat Batik Nusantara Thamrin City ini lekat dengan keanekaragaman tradisional yang dituangkan dalam tema “Bianglala Batik Nusantara Thamrin City”.  Bianglala berarti sebuah kincir sedangkan Nusantara merupakan gambaran wilayah Kepulauan yang membentang dari Sabang sampai Merauke dan memilliki banyak warna dari budaya dan etika.

Adapun tema ulang tahun tersebut mempunyai arti Thamrin City sebagai penggerak telah berkiprah selama 7 tahun menjadi bagian dari pengembangan Batik dan UKM nasional, yang mengayomi serta membina para pengrajin dan pedagang batik yang berasal dari berbagai daerah Nusantara sehingga Pusat Batik Nusantara Thamrin City seperti roda berputar untuk menggerakan kemajuan para UKM daerah yang semakin mendunia. “Keanekaragaman tersebut diwujudkan dengan adanya sekitar dua puluhan daerah pengrajin batik dari Nusantara yang hadir di Thamrin City selama 7 tahun ini, yaitu dari daerah Pekalongan, Batang, Yogyakarta, Bantu, Klaten, Solo, Sragen, Lasem, Pati, Jepara, Cirebon, Ciwaringin, Betawi, Bogor, Garut, Bandung, Sidoarjo, Tulungagung, NTT, Papua, dan daerah lainnya,” ungkap Adi lago

Rangkaian kegiatan dalam memeriahkan HUT Pusat Batik Nusantara (PBN) Thamrin City ke – 7 diisi dengan kegiatan Bazaar Batik dari daerah-daerah penghasil batik di Grand Hall Thamrin City selama 3 hari. Adapun  tujuannya memanjakan pengunjung Thamrin City, selain itu  diberikan promo mulai dari Rp. 30.000-an. Bagi konsumen yang yang berbelanja batik di PBN terbanyak dan tertinggi  mendapatkan hadiah motor. “Kegiatan membatik yang dilakukan oleh para pengunjung dan pencinta batik serta komunitas-komunitas terutama anak-anak dengan tujuan mengenalkan dan mengedukasi tentang batik agar rasa cinta batik lebih dini, ini merupakan komitmen Thamrin City yang akan selalu mengedukasi batik terhadap anak-anak,” tuturnya.

Kemeriahan Bianglala Batik Nusantara Thamrin City dimeriahkan juga dengan Fashion Show Carnaval On the Street, yang melibatkan para model untuk fashion show dari Thamrin City ke Bundaran HI, kembali lagi ke Thamrin City pada 5 Feberuari 2017 dan Fashion Show Carnaval On the Stage  di area HUT Pusat Batik Nusantara pada 6 Februari 2017.
“Pada setiap kegiatan kemeriahan di Thamrin City akan selalu dibarengi dengan kegiatan sosial, yaitu adanya CSR dengan kegiatan donor darah bersama UDT PMI Kota Sukabumi yang dilaksanakan pada 5 Februari 2017,” paparnya.

Dalam kesempatan ini, Adi Adnyana menjelaskan Thamrin City yang berlokasi strategis di pusat kota Jakarta sebagai pusat bisnis dan perdagangan akan mempermudah dan mendekatkan interaksi pengrajin yang beragam dari Nusantara dengan konsumen batik di Jakarta sampai Indonesia bahkan dunia.  Dan harga batik yang terjangkau membuat Pusat Batik Nusantara menjadi tempat yang  cepat dikenal bagi pengguna batik untuk mendapatkan berbagai koleksi motif batik dan model terbarunya.”

Sebelumnya, di sela-sela meninjau kegiatan donor darah dan membatik, Adi Adnyana juga mengatakan rangkaian kegiatan merayakan HUT ke – 7 Pusat Batik Nusatara ini dilakukan dengan saling bergandengantangan dari berbagai pihak, dan memberikan wadah untuk memperkenalkan produk-produk UKM yang dirangkum dalam kegiatan, sehingga rangkaian inipun Thamrin City menggandeng Yayasan Agung Podomoro Land, Bank Mandiri, Telkomsel, Warta Kota, Vivo, Bens Radio, TAPro, UDT PMI Kota Sukabumi, Pegadaian, Sophie Paris, KBRU, Blue Bird Group, TMI Cyber AdMedia, MD Media, Grab, Leviderma, Expose batik, dan Forum Komunikasi Byson Jakarta.”

Untuk memanjakan para pengunjung, Thamrin City memberikan berbagai “Bonus Kemeriahan” yaitu, setiap pengunjung yang datang ke Thamrin City dengan menggunakan Applikasi Grab Car akan mendapatkan potongan harga Rp. 15.000/trip, pakai Grab Hitch mendapatkan potongan harga Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000  untuk maksimal PP 10 X/hari.

Serta bila menggunakan Aplikasi My Blue Bird mendapatkan potongan harga Rp. 20.000 dari Blue Bird.  Selain itu akan mendapatkan juga Voucher Belanja batik Rp. 50.000 dari Thamrin City untuk pengguna

Applikasi Blue Bird dan Grab, serta mendapatkan Door Prize setelah belanja di Thamrin City dengan menunjukkan Applikasi tersebut di Redemption yang berada di lokasi bazaar Grand Hall lantai Dasar Thamrin City. Untuk semua pelanggan Warta kota dapat menukarkan guntingan tulisan Voucher di koran Wartakota dengan voucher asli di redemption untuk digunakan berbelanja batik di area bazaar.

Serta nasabah Bank Mandiri yang berbelanja dengan menggunakan kartu debit atau kartu kredit Mandiri mendapat potongan Up to  50% dengan menggunakan Fiesta Point yang dimiliki dari kartu Mandiri (bisa digabungkan dengan Voucher belanja batik sebesar Rp. 50.000 dari Thamrin City).

Pada puncak acara ulang tahun kegiatan membatik dan bazaar juga tetap berlangsung, kemeriahan terus diberikan dengan hadirnya keragaman Budaya Nusantara dari sebelas daerah yang akan menyuguhkan aneka tarian Nusantara.  Selain itu, dimeriahkan juga oleh kelompok band terkenal dan digandrungi terutama oleh kaum muda yaitu Kangen Band.  Tidak ketinggalan kemeriahan acara dengan door prize-door prize yang menarik dari Vivo berupa handphone  hingga hadiah motor.  Semua itu diberikan oleh Thamrin City untuk merayakan dan memeriahkan HUT ke – 7 Pusat Batik Nusantara Thamrin City dengan harapan semakin  “Ingat Batik Ingat Thamrin City.” ***