Tiga Capres Dinilai Bukan Sosok Bermasalah

Tuesday 21 May 2013, 1 : 15 pm
Ilustrasi

JAKARTA – Dari 36 nama calon presiden yang beredar di publik, hanya tiga capres yang tidak bermasalah dalam hal integritas dan layak dalam kompetensi, yaitu: Din Syamsuddin, Mahfud MD, dan Rizal Ramli.

“Tiga orang figur capres ini, mendapatkan rating AAA baik dalam hal rekam jejak integritas maupun kompetensi, yaitu: Din Syamsuddin, Mahfud MD, dan Rizal Ramli,” kata Direktur eksekutif Lembaga Studi Perjuangan, Gede Sandra di Jakarta,Selasa,( 21/5).

Artinya, sambung Gede lagi, berdasarkan studi LSP, ketiganya adalah figur-figur di Indonesia saat ini yang memiliki rekam jejak integritas yang baik dan juga kompeten sebagai calon pemimpin Indonesia 2014 .

Hanya sayangnya, kata Gede, ketiganya ”kebetulan” bukan jago-jago capres dari partai-partai politik peserta pemilu legislatif 2014.

“Hal ini seolah membenarkan kesimpulan banyak intelektual kita, bahwa sangat sulit mendambakan lahirnya figur yang terbaik bagi rakyat berasal dari internal partai politik. Apalagi diketahui lembaga politik ini belakangan semakin kehilangan kredibilitas karena terpaan berbagai skandal,” tambahnya.

Dalam penelitian ini, Gede mengaku lembaganya menggunakan metode matrix untuk mengolah data.

Dimana 36 nama figur capres 2014 versi majalah Indonesia 2014 diuji faktor integritas dan kapabilitasnya.

Faktor integritas yang diuji adalah korupsi, kolusi, nepotisme, wanprestasi, dan pelanggaran HAM.

Sementara kompetensi yang diuji adalah visi, kepemimpinan, dan jaringan internasional Demi pendidikan politik bagi masyarakat Indonesia yang akan memilih figurnya pada 2014, kata peneliti LSP lainnya, Agung mengatakan LSP merasa perlu untuk mengadakan studi tentang alat ukur dalam menilai figur capres berbasis pada rekam jejak.

“Dari 36 capres tersebut, kami melakukan penyaringan dengan menggunakan metode matrix integritas dan matrix kompetensi, dimana hasilnya, menyebut Tujuh orang figur mendapatkan rating AAA dalam hal rekam jejak integritas, yaitu: Din Syamsuddin, Endriartono Sutarto, Hidayat Nur Wahid, Joko Widodo, Mahfud MD, Rizal Ramli, dan Sri Sultan Hamengkubuwono ke X.

Dan kedua, menyebut sepuluh orang figur mendapatkan rating AAA dalam hal rekam jejak kompetensi, yaitu: Aburizal Bakrie, Din Syamsuddin, Gita Wiryawan, Hatta Rajasa, Jusuf Kalla, Mahfud MD., Megawati Sukarnoputeri, Rizal Ramli, Sri Mulyani, dan Yusril Ihza Mahendra,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Tol Pekdum Didesain Perhatikan Korservasi Hayati

JAKARTA-Pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) pada ruas Tol Pekanbaru-Dumai

Triwulan I-2022, Pertumbuhan Kredit Baru Tumbuh Positif

JAKARTA-Survei Perbankan Bank Indonesia mengindikasikan secara triwulanan (qtq) penyaluran kredit