Tiga Spirit Dalam Skema Gross Split

Wednesday 22 Nov 2017, 7 : 29 pm
by

JAKARTA-Wakil Menteri ESDM Arcandara Tahar menyampaikan, terdapat tiga spirit adalam skema bagi hasil gross split yaitu certainty, simplicity dan efisiensi.

Dalam sambutannya pada peluncuran Portal Xplorer.id di The Dharmawangsa, Arcandra Tahar menyatakan, ada tiga spirit yang mendasari terbitnya skema bagi hasil gross split yaitu pertama, certainty atau kepastian. Maksudnya, skema bagi hasil gross split dibuat dalam rangka memberikan kepastian kepada Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) besaran bagi hasil yang akan mereka terima dengan cara menghitung sendiri.

“Gross split dibuat dalam rangka memberikan kepastian kepada KKKS berapa banyak split yang akan mereka terima dengan cara hitung sendiri,”kata Arcandra.

Spirit kedua adalah simplicity atau kesederhanaan. Dengan skema gross split, KKKS akan lebih mudah lagi menjalankan kegiatannya karena tidak perlu lagi melakukan diskusi panjang dengan SKK Migas terkait rencana kerja dan anggaran. Gross split membuat sistem fiskal menjadi sederhana.

“Kita berharap gross split ini akan menjadi sistem fiskal yang simpel. Mari kita cari solusi yang lebih baik. Untuk saat sekarang kita yakin bahwa gross split sebagai salah satu solusi bagi kita yang inti nya nanti untuk menaikkan produksi kita, apapun bentuk fiskal sistemnya,” tambah Wamen.

Terakhir, spirit efisiensi. Menggunakan skema bagi hasil gross split memudahkan KKKS melakukan pengadaan barang dan jasa dapat dilakukan sendiri sehingga lebih efisien.

Wamen meminta waktu kepada investor untuk membuktikan efektivitas skema bagi hasil gross split ini untuk meningkatkan industri migas Indonesia. “Mohon kiranya kami yang muda-muda di-support. Diberi waktu untuk terapkan sistem fiskal ini,”ujarnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Elektabilitas Meroket, PAN Lirik Gus Ipul

JAKARTA-Merajainya elektabilitas Saifullah Yusuf dalam berbagai survey membuat Partai Amanat

Situs Pornografi, Perjudian dan Penipuan Paling Banyak Diblokir

JAKARTA-Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) telah melakukan pemblokiran terhadap 961.456