Tito Mungkin Dilantik Sebelum Hari Bhayangkara

Tuesday 21 Jun 2016, 1 : 23 pm

JAKARTA-Komjen Tito Karnavian diperkirakan akan dilantik menjadi Kapolri sebelum 1 Juli 2016, sehingga saat perayaan Hari Bhayangkara 2016, Polri sudah dipimpin Kapolri yang baru ini. Berbagai dukungan diberikan oleh internal Polri untuk memuluskan langkah Tito menjadi orang nomor satu di Kepolisian RI. Tito melangkahi 100-an jenderal senior.

Karena itu Ind Police Watch (IPW) memastikan, proses uji kepatutan dan kelayakan TIto Karnavian di DPR akan berjalan lancar. “Bersamaan dengan naiknya Tito menjadi Kapolri, Polri akan melakukan mutasi terhadap sejumlah jenderal senior. Hal ini dilakukan untuk mendukung kinerja Tito saat memimpin kepolisian,” demikian keterangan pers Ketua Presidium IPW Neta S Pane pada wartawan di Jakarta, Selasa (21/6/2016).

Jenderal senior yang disebut-sebut akan dimutasi antara lain, Wakapolri Komjen Budi Gunawan menjadi Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) dan pangkatnya dinaikkan menjadi Jenderal. Budi Gunawan masuk ke BIN untuk menggantikan Sutiyoso.

Selain itu Kalemdikpol Komjen Safruddin disebut-sebut akan menjadi Wakapolri untuk mendampingi Kapolri Tito Karnavian. Proses mutasi juga terjadi untuk beberapa jabatan strategis di Mabes Polri maupun jabatan sejumlah kapolda.

Mutasi ini kata Neta, dilakukan sebagai dukungan internal Polri maupun dukungan para jenderal senior terhadap kinerja Tito Karnavian ke depan. Mengingat Kepala BNPT itu terpilih menjadi Kapolri dengan “melangkahi” enam angkatan di kepolisian, yakni Akpol 81, 82, 83, 84, 85, dan Akpol 86. Sedikitnya ada 100 jenderal yang “dilangkahi” Tito.
Selain itu menjelang Hari Bhayangkara hingga akhir 2016 ada sejumlah jenderal Polri yang memasuki masa pensiun.

Sedangkan untuk proses uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR menurut Neta, Tito sudah menyiapkan tim pemikir, yang terdiri dari perwira muda. Mereka antara lain, Irjen Rico Amelsa (Akpol 88 B), Brigjen Gatot Edi (88 A), Kombes Eko Budi (89), Kombes Asep Suhendar, dan Kombes Wahyu Widada (Adhimakayasa Akpol 91). “Dengan adanya dukungan penuh dari para jenderal senior ini diharapkan akan memudahkan langkah Tito, terutama dalam membenahi institusi kepolisian ke depan. Setidaknya, dipilihkan Tito menjadi Kapolri akan lebih baik ketimbang memperpanjang masa jabatan Kapolri Badroeddin Haiti,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BPIP Kecam Aksi Perbudakan ABK

JAKARTA-Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengecam Kasus jenazah anak buah
AGUS GUMIWANG

Genjot Investasi, Menperin: Jumlah dan Luas Lahan Kawasan Industri Meningkat

JAKARTA-Kementerian Perindustrian (Kemendag) terus berupaya mengembangkan jumlah kawasan industri di