Tol Gempol-Pasuruan 20 Km, Resmi Beroperasi

Sunday 24 Jun 2018, 12 : 15 pm

PASURUAN—Panjang Jalan Tol Trans Jawa dipastikan terus bertambah. Bahkan
Presiden Joko Widodo meresmikan Jalan Tol Gempol-Pasuruan (Gempas) sepanjang 20,5 km di Provinsi Jawa Timur, Jumat, 22 Juni 2018. Jalan tol yang diresmikan terdiri dari Seksi I Gempol-Rembang sepanjang 13,9 km yang sudah beroperasi sejak tahun 2017 dan Seksi 2  Rembang – Pasuruan 6,6 km.

“Jalan Tol dari Merak hingga Pasuruan secara umum sudah bisa dilalui meskipun ada yang masih fungsional. Tetapi kita harapkan akhir tahun 2018 sudah rampung dan beroperasi. Kemudian dilanjutkan hingga Banyuwangi, tahun 2019 insyaAllah selesai,” kata Presiden Jokowi. Pada saat peresmian turut mendampingi Presiden Jokowi yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, dan Direktur Utama PT. Jasa Marga Desi Arryani.

Tol Trans Jawa dari Merak – Banyuwangi sepanjang 1.150 Km ditargetkan tersambung tahun 2019. Untuk Merak – Pasuruan sepanjang 920 Km, saat ini 607 Km sudah operasional dan sisanya 313 Km ditargetkan rampung akhir 2018.

Salah satu yang akan selesai Desember 2018 adalah Tol Gempol-Pasuruan Seksi 3 Pasuruan-Grati (13,65 km) saat ini masih dalam konstruksi dengan progres fisik 36%.

Tersambungnya ruas-ruas tol menjadi satu sistem jaringan jalan tol akan menurunkan biaya logistik transportasi, mempersingkat waktu tempuh dan mendorong pertumbuhan ekonomi daerah. “Dengan kecepatan mobilitas barang distribusi logistik, kita harapkan biayanya akan jauh lebih murah,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi menyatakan pembangunan jalan tol harus terintegrasi dengan titik-titik pertumbuhan ekonomi baik itu kawasan industri, pelabuhan maupun kawasan wisata. “Sehingga betul-betul bermanfaat maksimal baik untuk dunia usaha, pariwisata dan industri,” kata Presiden.

Kehadiran tol Gempol-Pasuruan meningkatkan kemudahan arus logistik karena Gate Tol Rembang berdekatan dengan Kawasan Pasuruan Industrial Estate Rembang (PIER). Disamping itu menjadi jalur alternatif  menuju Kota Pasuruan yang selama ini dilayani oleh jalan arteri nasional.

Selain itu, dampak positif lain  pembangunan jalan tol tersebut adalah para investor mulai banyak yang melirik daerah tersebut sebagai tempat pembangunan bagi perusahaan ataupun pabrik-pabrik mereka.

Pengusahaan Tol Gempol-Pasuruan dilakukan oleh PT. Jasamarga Gempol Pasuruan dengan nilai investasi Rp 4,03 triliun dengan masa konsesi 45 tahun. Tol ini tersambung dengan Tol Surabaya Waru -Gempol sepanjang 30 Km yang sudah beroperasi dan Tol Pasuruan-Probolinggo sepanjang 44 Km yang masih dalam tahap konstruksi.

Percepatan pembangunan jalan tol sebagai bagian dari sistem jaringan jalan nasional merupakan langkah nyata mewujudkan Nawacita Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing bangsa.

Tol Trans Jawa dibutuhkan guna meningkatkan kelancaran konektivitas di Pulau Jawa yang memiliki kontribusi lebih dari 50 persen bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

Turut hadir Menko Perekonomian Darmin Nasution, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko, Direktur Jenderal Bina Marga Arie Setiadi Moerwanto, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR Herry TZ, Sekretaris BPJT Darda Daraba, Direktur Jalan Bebas Hambatan Perkotaan dan Fasilitasi Jalan Daerah Sugiyartanto, Kepala Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) VIII Surabaya I Ketut Darmawahana, dan Kepala Biro Komunikasi Publik Endra S. Atmawidjaja.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Jelang Sidang Tahunan, MPR Bentuk Panitia Ad Hoc

JAKARTA-Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar rapat gabungan (Ragab) Pimpinan MPR

Listing Perdana di BEI, HILL Melenggang Optimistis di Zona Hijau

JAKARTA-Saat memulai transaksi perdana pada perdagangan di Bursa Efek Indonesia