Transparansi Data Tingkatkan Investasi Energi di Indonesia

Friday 1 Mar 2019, 12 : 36 am
by
ilustrasi

BALI-Pengelolaan data yang transparan dan akuntabel merupakan salah satu indikator yang mampu meningkatkan investasi di bidang energi.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Agus Cahyono Adi pada The 30th Meeting of the APEC Expert Group on Energy Data and Analysis (EGEDA) di Nusa Dua, Bali (27/2).

Menurut Agus, melalui pengelolaan data yang baik serta adanya transparansi data, menunjukkan bahwa Indonesia merupakan negara yang layak investasi.

“Dengan adanya transparansi data energi, itu menjadi bukti bahwa Indonesia memiliki energy accounting yang baik. Sehingga negara-negara lain tidak perlu ragu untuk berinvestasi di Indonesia,” jelas Agus.

Dengan sinkronisasi data, lanjut Agus, kebijakan yang akan dihasilkan juga akan semakin tepat sasaran.”Forum ini juga berguna untuk masing-masing negara anggota APEC dalam mensinkronisasikan data sebagai salah satu acuan untuk menganalisa kebijakan, serta memutuskan suatu kebijakan,” ujar Agus.

Dia menyampaikan, forum AGEDA ke-30 ini menjadi kanal untuk bertukar informasi baik di bidang pengelolaan data juga teknologi di bidang energi.

“Dengan Indonesia menjadi anggota dari APEC, kita bisa saling bertukar pengalaman dengan negara-negara yang lebih maju dalam pengelolaan energinya. Sehingga nantinya kita akan lebih siap dalam menyongsong inovasi di bidang energi,” tandas Agus.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Konsumen China Pengaruhi Produksi Mutiara Indonesia

JAKARTA-Permintaan model dan jenis mutiara dari luar negeri ikut mempengaruhi

Tinjau 4 Titik Tanggul, Intan Fauzi Tegaskan Normalisasi Kali Bekasi Mendesak

BEKASI-Anggota Komisi V DPR RI, Hj Intan Fauzi, SH, LL.M