UMKM Indonesia Didorong Pasarkan Produk Secara Online

Sunday 14 Jul 2019, 6 : 14 pm
by

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) bersama penyedia platform digital bersinergi mendukung kesiapan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Binaan dan Mitra BI memasarkan produk secara online untuk memperluas akses pasar UMKM.

Hal tersebut dilakukan melalui program persiapan pemasaran online UMKM BI (On Boarding) dan fasilitasi penyediaan platform dan/atau pelatihan pemasaran berbasis digital oleh penyedia platform digital.

Demikian hal yang mengemuka dalam talkshow “Pemanfaatan Platform Digital untuk Memperluas Usaha UMKM”, sebagai rangkaian kegiatan Pameran Karya Kreatif Indonesia (KKI) 2019 yang diselenggarakan hari ini (14/07) di Jakarta, dengan narasumber dari Bank Indonesia, Google Indonesia (search engine), Desa Ekowisata Nglanggeran Yogyakarta (UMKM Binaan BI), Nycta Gina (selebritis dan pelaku usaha online), dan Titipku.com (marketplace).

UMKM On Boarding adalah proses penyesuaian pelaku UMKM untuk masuk sebagai penjual di pasar online dan menyesuaikan diri dengan mekanisme yang berlaku di lingkungan marketplace tempat UMKM tersebut berbisnis.

BI memfasilitasi pelatihan dan pendampingan untuk UMKM Binaan dan Mitra BI agar dapat on-boarding pada marketplace atau menggunakan media sosial dalam strategi pemasarannya.

“Melalui teknologi digital, UMKM diharapkan mampu memperluas akses pemasarannya, bahkan hingga ke mancanegara. Dalam rangkaian Karya Kreatif Indonesia 2019, Bank Indonesia turut memfasilitasi business matching (temu bisnis), salah satunya dengan mempertemukan UMKM Unggulan Binaan dan Mitra BI dengan e-commerce,” ujarnya.

Pameran KKI 2019 berlangsung mulai Jumat, 12 Juli hingga Minggu, 14 Juli 2019, di Hall A, Jakarta Convention Center. Masyarakat dapat mengunjungi pameran dimaksud tanpa dipungut biaya masuk area pameran mulai 09.00 – 21.00 WIB (Sabtu, 13 Juli 2019) dan 09.00 – 20.00 WIB (Minggu, 14 Juli 2019)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

BI Yakin Ekonomi Indonesia Tumbuh 5,5-5,9%

JAKARTA-Bank Indonesia (BI) meyakini pertumbuhan ekonomi di 2014 akan berada

Di Kapel Sistina Vatikan, Menag Lukman Hakim Termenung

VATIKAN-Menteri Agama RI, Lukman Hakim Saifuddin duduk lama diam termenung