UMN Bangun Green Building ke 3

Saturday 28 Jan 2017, 5 : 13 pm
by
Universitas Multimedia Nusantara (UMN)

TANGERANG-Usung bangunan ramah lingkungan (green Building), Universitas Multimedia Nusantara (UMN), mengklaim lakukan penghematan energi pada gedung media tower miliknya. Berdiri diatas lahan seluas 42.500 meter persegi, gedung ini dapat menampung 5 ribu mahasiswa.

Rektor, UMN, Ninok Leksono, menerangkan, pembangunan New Media Tower 3 yang kini telah mencapai tahapan topping off itu menjadi langkah konkrit dari UMN untuk mendukung inisiatif pemerintah dalam menghemat energi nasional.  

“Faktanya karena pemanasan global, semua pihak akhirnya dituntut untuk go-green. UMN pun merasa terpanggil untuk berkontribusi. Salah satu caranya adalah dengan membangun gedung perkuliahan yang hemat energi,” katanya dalam keterangan tertulis yang diterima Jumat (27/1).

Mengusung konsep green building, Bangunan gedung setinggi 80 meter itu menggunakan teknologi yang disebut double skin.

“Teknologi ini memungkinkan untuk mengontrol intensitas cahaya dan panas matahari yang masuk ke dalam ruangan, sehingga ruangan cukup dingin dan terang,” klaimnya.

Selain itu, terangnya keberadaan roof garden di beberapa lokasi yang ada di area gedung tidak hanya membuat Tower 3 menjadi lebih asri tetapi juga membuat udara mejadi lebih sejuk. 

“Lalu, cerobong-cerobong udara yang memanfaatkan perbedaan tekanan udara membuat basement nantinya tidak perlu menggunakan exhaust fan,” ucap Ninok.

Tower 3 sendiri digunakan untuk kegiatan belajar mengajar mahasiswa UMN. Hal ini diungkapkan oleh Teddy Surianto, Ketua Yayasan Multimedia Nusantara. 

“Tower 3 dibangun sesuai master plan induk UMN guna menampung tambahan mahasiswa UMN dan tambahan sarana perkuliahan serta laboratorium. Tahun ajaran baru 2017 UMN menambah beberapa program studi baru, antara lain program studi Perhotelan. Untuk itu, UMN mengalokasikan satu lantai khusus lengkap dengan ruang praktik mock-up kamar hotel dan food & beverage untuk menunjang sarana perkuliahan,” jelasnya

Selain ruang kelas, ada pula beragam fasilitas penunjang lain seperti ruang laboratorium untuk Program Studi Teknik Informatika, Teknik Fisika, Teknik Elektro, Arsitektur, Jurnalistik, Film & Televisi, dan Perhotela. 

“Kami juga memiliki Lecture Theater yang mampu menampung hingga 500 orang dan sarana olahraga indoor seperti lapangan basket, futsal, dan badminton yang terletak di lantai teratas Tower 3 ini,” pungkasnya. (Raja Tama)

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

persekusi

Persekusi Novidiana Baru Secara Biadab, Polisi Harus Tangkap Kades Paulus Lau

JAKARTA-Koordinator Tim Pembela Demokrasi Indonesia (TPDI), Petrus Salestinus mendesak Polda

Inecosolar dan Finusolprima Pasang Sistem Panel Surya Atap Sebesar 264 kWp di Pabrik Bekasi

JAKARTA-PT Ineco Solar Solutions (“Inecosolar”), anak perusahaan Yinson Renewables, dan