Uskup Militer Italia Apresiasi Peran TNI-POLRI

17
Pastor Antonius Suhermanto Pr dari Keuskupan Tanjungkarang Lampung, Uskup Militer Italia Mgr Santo Marciano, Ketua Pelaksana Gerakan Ekayastra Unmada (Semangat Satu Bangsa) AM Putut Prabantoro dan Pastor Leo Mali Pr dari Keuskupan Agung Kupang, NTT, di Roma, Rabu (5/6/2019).

Vatikan menjadi salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia atas peran Uskup Pribumi pertama, Mgr. A. Soegijapranata SJ,” jelas Putut Prabantoro, yang juga menjabat sebagai Ketua Presidum Bidang Komunikasi Politik ISKA (Ikatan Sarjana Katolik Indonesia).

Sementara menurut Pastor Leo Mali Pr, sekalipun berkantor di Italia dan dinamai Keuskupan Militer Italia, jabatan Uskup Militer Italia dipilih langsung oleh Paus, sebagai pimpinan tertinggi Gereja Katolik.

Oleh karena itu secara hirarkis, Uksup Militer Italia tunduk pada perintah Vatikan. Uskup Militer Italia mempunyai Paroki (Gereja) Militer di berbagai kota di Italia. Bahkan, Uksup Militer Italia yang salah satunya bertanggung jawab atas pembinaan rohani angkatan bersenjata Italia dan keluarganya. Jika diperlukan ia akan melakukan perjalanan ke berbagai belahan dunia di mana angkatan bersenjata Italia ditempatkan.

Di akhir pertemuan, Mgr Santo Marciano memberikan kenang-kenangan plakat dari Ordinariato Militare Per L’Italia – Ordinariat Militer Italia yang didirikan pada tahun 1925. Di dalam plakat tersebut terulis Doa Untuk Tanah Air (Italia).

DOA UNTUK TANAH AIR

Allah yang kuasa dan kekal
Yang menciptakan kemuliaan, langit, daratan dan lautan.

Dengarkanlah Kami
Yang berjanji setia
Di bawah bendera.

Kami telah menjanjikan cinta dan bakti pada tanah air
Sebagai penghormatan pada mereka yang sudah meninggal
Agar Kami hidup dalam dunia yang lebih bebas Dan Adil.

Berikanlah Kami Tuhan,
kekuatan untuk menjaga harta berharga dari Perdamaian
dalam kesatuan semangat dengan semua
yang berkorban dan menderita.

Berikan kami kegembiraan
untuk memberi pengorbanan Kami yang terbaik,
Untuk ketentraman rumah Kami ,
Kejayaaan tanah air Kami dan
Untuk kebaikan Italia.