Uskup Suharyo: Pemilu Momentum Mempertinggi Martabat dan Peradaban Manusia

Monday 27 Aug 2018, 8 : 10 pm
by
Wasekjen Partai Nasdem, Hermawi Taslim (kiri), Sekjen Partai Nasdem Johnny Plate (tengah) dan Ketua KWI, Mgr. I. Suharyo (kanan) dalam pertemuan di Katedral, Senin (27/8/2018).

Ketua KWI, masih menurut Hermawi Taslim, secara cermat juga mendengarkan penjelasan tentang peta perpolitikan Indonesia pada saat ini dan berikut segala dinamikanya khususnya menjelang pileg dan pilpres 2019.

Selain itu, Johnny Plate, yang juga anggota Komisi APBN DPR RI itu mengharapkan dukungan hirarki gereja khususnya terkait dengan pengembangan ekonomi keumatan, pendidikan dan partisipasi politik.

Menanggapi hal itu, Mgr. Suharyo menjelaskan bahwa selain mencermati dinamika politik, KWI juga secara aktif memberi pendampingan kepada umat dalam mengambil partisipasi positif terhadap semua aspek pembangunan. Oleh karena itu, bersama para uksup lainnya, Ketua KWI itu mengharapkan dan mendoakan agar pemilu berjalan dengan baik, dan harus disadari menjadi momentum kemajuan peradaban.

Terkait dengan partisipasi dan pendampingan gereja terhadap umat dalam hal politik, Hermawi Taslim berharap bahwa pertemuan seperti ini hendaknya juga terlaksana di seluruh keuskupan di Indonesia.

“Gereja Katolik itu satu dan tak terbagi-bagi. Oleh karena itu, adalah penting untuk menyamakan visi dan misi dalam politik dan pembangunan manusia di masa depan di semua keuskupan. Para caleg Katolik hendaknya menyadari istilah latin, Per Ecclesiam Ad Patriam – melalui Gereja Berbakti kepada Tanah Air. Hal ini sebagaimana yang ditegaskan oleh Mgr. A. Soegijapranata SJ yang mengatakan 100% Katolik, 100% warga Indonesia,” ujarnya.

Hermawi Taslim juga meminta para pastor yang melakukan pendampingan para politik Katolik hendaknya juga mengikuti dinamika yang terjadi di akar rumput. Hal ini perlu, ditambahkan Taslim, jangan sampai umat tertinggal karena pastornya berjalan sendiri atau menjadi politisi sendiri, atau sebaliknya umat sudah jalan jauh, pastornya tertinggal dalam wawasan politik yang telah berkembang.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

ELNUSA

Elnusa Gandeng PGN Solution Kerjakan Proyek EPC Pertamina Gas

JAKARTA –  PT Elnusa Tbk (ELSA),  anak perusahaa  PT Pertamina

OJK Rilis Kebijakan Buyback Saham Tanpa Persetujuan RUPS

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengizinkan semua emiten atau perusahaan publik