Wakatobi Ditargetkan Jadi Kawasan Strategis Pariwisata

106

JAKARTA-Pemerintah terus berupaya menjaga pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara agar berkembang secara berkelanjutan dan berkualitas.

Apalagi Sulawesi Tenggara merupakan salah satu provinsi di belahan Timur Indonesia yang mampu tumbuh di atas pertumbuhan ekonomi nasional. “Perlu saya ingatkan agar pembangunan infrastruktur irigasi harus sesuai dengan pengadaan sawah,” kata Presiden Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan sejumlah Menteri Kabinet Kerja pada di Jakarta, Senin, 10 April 2017.

Menurut Presiden Joko Widodo, Sulawesi Tenggara pertumbuhan ekonominya pada 2016 tumbuh sebesar 6,51 persen.

Pertumbuhan tersebut ditopang oleh sejumlah sektor unggulan Sulawesi Tenggara. Di antaranya adalah pertanian, kehutanan dan perikanan yang memberikan kontribusi sebesar 24,3 persen bagi perekonomian daerah. Oleh karena itu, Kepala Negara meminta jajarannya untuk mengalokasikan anggaran utamanya untuk sektor hortikultura, seperti komoditas kakao di Kabupaten Kolaka Timur.

“Saya minta belanja APBN, APBD untuk sektor pertanian agar diarahkan untuk mengembangkan tanaman hortikultura, bukan hanya padi saja,” ungkapnya.

Selain itu, Presiden juga meminta jajarannya untuk segera merealisasikan sejumlah proyek pembangunan infrastruktur guna mendukung sektor unggulan di bidang pertanian, seperti pembangunan bendungan Ladongi, bendungan Pelosika, serta pembangunan infrastruktur irigasinya.
“Jangan sampai saluran irigasinya dibangun, tapi sawahnya tidak ada. Atau sebaliknya,” ucap Presiden.

Industri pengolahan juga menjadi perhatian pemerintah dalam mengembangkan pertumbuhan ekonomi di Sulawesi Tenggara. Mengingat saat ini industri pengolahan baru memberikan kontribusi sebesar 6,1 persen. Sedangkan sektor pertambangan telah berkontribusi sebesar 19,35 persen dan sektor konstruksi sebesar 14,02 persen. “Tapi saya yakin sektor ini akan semakin meningkat secara perlahan,” kata Presiden.

Tak lupa, keindahan alam dan laut Wakatobi juga harus dioptimalkan guna mengembangkan potensi wisata bahari Sulawesi Tenggara. Wakatobi diharapkan dapat dijadikan kawasan strategis pariwisata nasional dengan segala fasilitas dan infrastruktur pendukungnya. “Keindahan alam laut di Wakatobi bisa dikembangkan menjadi magnet yang sangat kuat untuk menarik kunjungan wisatawan nusantara dan manca negara,” ujar Presiden.