Waspadai Dampak Negatif Pelemahan Rupiah

Tuesday 21 May 2013, 9 : 41 pm
by

JAKARTA-Analis  divisi Treasury Advisory  OCBC Gundy Cahyadi   mensinyalir adanya resiko yang besar terhadap prospek perekonomian Indonesia, jika sentimen market terhadap Rupiah akan terus melemah. Data pertumbuhan ekonomi di Triwulan I-2013 yang tercatat sedikit mengecewakan di 6,0% yoy telah menunjukan kesan adanya dampak-dampak yang negatif dari melemahnya Rupiah terhadap laju pertumbuhan konsumsi dan juga investasi dalam negeri. Hal ini sendiri sebenarnya tidak mengejutkan mengingat bahwa pertumbuhan impor sendiri telah melemah cukup signifikan di beberapa bulan terakhir. Dan kenyataanya adalah nilai Rupiah yang melemah telah menurunkan daya beli konsumen dan juga pemilik usaha di Indonesia,” jelas dia di Jakarta, Selasa (21/5).

Menurut dia, melemahnya Rupiah ini  sendiri tidak terlalu  berdampak kepada laju pertumbuhan ekspor Indonesia karena kebanyakan barang-barang yang diekspor dari Indonesia adalah komoditas, yang secara fundamental cenderung lebih price inelastic, yang berarti tingkat konsumsinya tidak terlalu sensitif terhadap pergerakan harganya. Kalau memang recoveri perekonomian dunia masih belum terlihat mantap, maka ada kemungkinan yang sangat besar kalau laju pertumbuhan ekonomi Indonesia bisa jadi akan terus menurun jika memang Rupiah masih terus melemah. “Oleh karena itu, , komitmen dari pemerintah/BI untuk terus menjaga kestabilan Rupiah di market (menghindari perlemahan yang cenderung excessive) bisa dipercayai,” tegas dia. 

“Kami telah mendiskusikan sebelumnya bahwa rencana kenaikan harga BBM merupakan satu perkembangan yang sebenarnya positif untuk macro risk profile Indonesia dan bisa jadi membantu posisi current account defisit Indonesia, setidak-tidaknya di jangka waktu dekat ini,” urai dia.

Yang lebih penting tegas dia, memang tetaplah upaya memonitori program-program yang akan diumumkan pemerintah untuk mendongkrak upaya peningkatan produktivitas di dalam negeri, terutama di sektor manufacturing/industri yang memang telah terkesan terlantar oleh karena adanya commodity boom di 5-7 terakhir ini. 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Maryono Raih The Best CEO 2018

JAKARTA-Direktur Utama PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk., Maryono meraih

LPG 3 Kg Langka, Fahri : Harus Ada Yang Bertanggungjawab

JAKARTA-Kelangkaan gas LPG 3 Kg yang dikenal dengan sebutan ‘Si