Waspadai Pinjaman Online, Bunga 450 % per Tahun

Friday 15 Feb 2019, 12 : 45 pm
by

JAKARTA-Anggota Komisi XI Fraksi PKS DPR-RI Ecky Awal Mucharam meminta Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan aparat penegak hukum untuk lebih tegas melindungi masyarakat dari rentenir berkedok Fintech pinjaman online.

“Korban bunuh diri kemarin adalah puncak gunung es dari persoalan rentenir online. Yang berwenang harus segera berbenah dan bertindak tegas melindungi masyarakat dari jeratan mereka,” ujar Ecky kepada wartawan di Jakarta, Jumat (15/2).

Sebagaimana diberitakan, pada hari Rabu kemarin seorang pengemudi taksi online nekat menghabisi nyawanya sendiri lantaran tercekik pinjaman online. Dalam suratnya ia meninggalkan pesan kepada OJK dan pihak berwajib, untuk memberantas pinjaman online yang telah membuat jebakan setan pada dirinya.

Ecky menjelaskan, OJK tidak boleh berlepas tangan dengan mengatakan bahwa perusahaan tersebut illegal. Baik OJK maupun aparat penegak hukum harus lebih proaktif dan saling berkoordinasi memburu perusahaan-perusahaan fintech illegal tersebut.

Sebab masyarakat sulit mencari tahu mana yang legal atau illegal. Dan dengan desakan kebutuhan hidup mereka ambil pinjaman itu tanpa berpikir panjang.

“Tahun lalu yang masuk ke LBH saja sudah 1.300 aduan. Tentu jumlah korban sebenarnya lebih banyak lagi. Nasabah tercekik dengan tingginya bunga pinjaman, administrasi yang abu-abu dan merugikan nasabah, serta pelanggaran hukum dalam penagihan utang,” jelasnya.

Dia mengatakan bunga pinjaman fintech ini ada yang sampai 450 persen per tahun. Bahkan lebih tinggi dari rentenir bank keliling yang sering beredar di masyarakat.

“Fintech harus didorong dengan semangat inklusi ekonomi, efisiensi, dan transparansi. Harus ditetapkan juga batas atas bunga pinjaman agar tidak ada ruang gerak mereka. Tidak boleh ada Fintech yang beroperasi tanpa ijin OJK. Dari data terakhir yang diperoleh, diperkirakan dari 475 Fintech yang beroperasi, baru 78 yang terdaftar. Di sini aparat perlu bertindak lebih tegas,” tutup Ecky.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Sekali Lagi, Hanya Perubahan Total Yang Dapat Menyelamatkan Indonesia

Oleh: Anthony Budiawan  Sistem pemerintahan Indonesia seharusnya cukup baik, mengikuti

SPKLU Pertama Tol Lintas Sumatera Diresmikan

JAKARTA-Pengguna Kendaraan Bermotor Listrik Berbasis Baterai (KBLBB) yang melintasi Tol