Yellen Kembalikan Optimisme ‘no tapering’

Thursday 14 Nov 2013, 8 : 44 am
by

JAKARTA-Bursa AS bergerak menguat dan kembali mencetak record high semalam seiring optimisme pasar terkait ’no tapering’ kembali pulih setelah kandidat gubernur The Fed, Janet Yellen, menyatakan pertumbuhan ekonomi AS masih dibawah potensinya sehingga bank sentral masih harus melakukan stimulus moneter. Rilis kinerja Macy’s, perusahaan retail di AS, yang lebih baik dari ekspektasi juga mengkontribusi penguatan bursa AS semalam. Harga minyak menguat 0.9% sementara harga metal bergerak mixed dan EIDO bergerak flat.

Analis valas PT Samuel Sekuritas, Lana Soelistianingsih dalam riset hariannya menyebutkan mayoritas bursa Asia turut dibuka menguat pagi ini memfaktorkan optimisme stimulus QE3 masih akan dilanjutkan. Nilai tukar Rupiah pagi ini dibuka menguat ke level Rp11,550/US$ sementara kurs NDF menguat signifikan ke level Rp11,440/US$. “Nilai tukar Rupiah kemarin sempat melemah mencapai level Rp11,675/US$ seiring ekspektasi current account deficit di 3Q13 masih akan buruk,” ujar Lana seperti dikutip dari www.samuel.co.id.

Sementara itu, kata Lana, IHSG Kamis (14/11) diperkirakan berpeluang mengalami techical rebound setelah dalam 2 hari terakhir terkoreksi signifikan. Sentimen positif dari penguatan bursa AS, apresiasi nilai tukar Rupiah dan telah terfaktorkannya data current account deficit 3Q13 yang mencapai 3.8% dari GDP akan menjadi katalis penguatan indeks. Beberapa sektor yang terkoreksi signifikan 2 hari terakhir seperti banking, cement, property dan automotive diperkirakan akan menguat hari ini

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

Ada Jejak di Jaringan Teroris JAD, TPDI: Densus 88 Harus Tangkap Munarman

JAKARTA – Ketua Tim Task Force Forum Advokat Pengawal Pancasila (FAPP),

Eni : Harga Jual Listrik PLTU Batang Perlu Diturunkan

JAKARTA-Kalangan DPR meminta agar harga jual listrik Power Purchase Agreement