Perluas ke Asuransi Mikro, Prudential Luncurkan PRUaman

Ilustrasi

JAKARTA-PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) hari ini mengumumkan peluncuran PRUaman, produk asuransi mikro pertama dari Prudential.

PRUaman memberikan perlindungan keuangan kepada rumah tangga berpendapatan rendah dengan harga terjangkau dan mudah diakses melalui Lembaga Keuangan Mikro dan Bank Perkreditan Rakyat ketika mereka dihadapkan pada peristiwa-peristiwa yang mengubah hidup mereka.

Di lain pihak, Lembaga keuangan mikro memperoleh manfaat berupa perlindungan terhadap pinjaman pokok yang diberikannya kepada nasabah, yang pada gilirannya dapat mendorong berkembangnya industri keuangan mikro yang lebih sehat di Indonesia.

“Sebagai bagian dari komitmen teguh kami untuk selalu mendengarkan nasabah dan memahami kebutuhan mereka, kami ingin memastikan bahwa setiap orang memiliki akses terhadap layanan dan produk keuangan, terutama asuransi jiwa. Untuk segmen mikro, kami ingin menciptakan produk asuransi jiwa bagi mitra dan nasabah kami dengan menyatukan empat kriteria kunci yang merupakan prioritas bagi mereka,” jelas William Kuan, Presiden Direktur Prudential Indonesia.

“Keempat kriteria yang membentuk landasan dari PRUaman adalah aksesibilitas, harga yang terjangkau, kesederhanaan, dan kemudahan dalam penggunaan. Kami bertekad untuk menciptakan produk yang memiliki aksesibilitas tinggi dan harga yang terjangkau, mudah untuk dibeli, proses pertanggungan yang sederhana dan mudah untuk digunakan dalam hal pengajuan klaim. Dan merupakan sebuah produk yang secara langsung terkait dengan inisiatif pendidikan kesadaran finansial,” terangnya.

Pengembangan PRUaman didasarkan pada riset pasar mendalam yang menunjukkan kebutuhan nyata akan perlindungan keuangan di segmen mikro baik untuk pemberi pinjaman dan peminjam.

Riset pasar tersebut mencakup analisis kesenjangan produk yang ada melalui penilaian permintaan asuransi mikro.

Prudential juga melakukan serangkaian 12 diskusi kelompok terfokus dengan 73 peserta dan wawancara mendalam terhadap nasabah berpendapatan rendah dan lembaga penyedia keuangan mikro.

Riset ini dilakukan selama dua tahun dengan mengumpulkan data dari lima provinsi dan 13 kota.

Di segmen mikro, asuransi dianggap mahal, dengan proses persyaratan, pertanggungan dan klaim yang rumit.

Karena kesadaran akan perlindungan asuransi yang rendah di segmen ini, maka ketika peminjam tertimpa musibah, pada umumnya pihak keluarga akan diwarisi beban pinjaman, atau pihak Lembaga Keuangan Mikro yang menanggung beban kerugian finansial.

“Setelah riset mendalam yang kami lakukan, PRUaman adalah solusi yang kami tawarkan, dan pada giliranya akan membantu meningkatkan pinjaman modal bagi rumah tangga berpendapatan rendah yang membutuhkannya,” jelas Nini Sumohandoyo Corporate Marketing and Communications Director.Prudential Indonesia.

PRUaman menyediakan empat paket asuransi dengan tarif yang sangat terjangkau, dengan tarif terendah sebesar Rp 2,000 per tahun.

Tarif ini bersifat tunggal, yang berlaku sama rata tanpa memandang usia dan tenor pinjaman.

Tarif premi tunggal ini memberikan keuntungan kepada lembaga mikro saat menentukan rencana yang tepat untuk setiap anggota.

Manfaat dari keempat rencana tersebut berkisar dari kemudahan pelunasan pinjaman hingga pelunasan pinjaman yang disertai beragam tambahan manfaat keuangan bagi keluarga.

Untuk peluncuran awal, dua koperasi Mitra Usaha Mandiri (MUM), yang masing-masing berada di Subang dan Karawang, Provinsi Jawa Barat, akan menjadi mitra distribusi pertama.

Kedua Koperasi ini didirikan pada 1998 dan telah membuktikan kredibilitas dan pengalamannya dalam melayani masyarakat berpendapatan rendah dan ekonomi lemah. MUM memiliki enam cabang mandiri di Jawa Barat dan Jawa Tengah, dengan masing-masing cabang memiliki 1.000 sampai 1.500 anggota dengan aset lebih dari Rp 2 miliar.

Di samping produk PRUaman, Prudential juga akan memberikan dukungan kepada koperasi dan anggotanya melalui pendidikan kesadaran keuangan.

“Memilih mitra distribusi yang terpercaya dan kredibel merupakan unsur penting lainnya bagi kesuksesan PRUaman. Kami ingin bekerja sama dengan lembaga yang mapan secara reputasi dan mempunyai hubungan yang kuat dengan masyarakat yang mereka layani. Mereka merupakan mata rantai penting yang memudahkan pembelian dan pelayanan produk ini. Mereka juga sangat penting dalam membantu kami membangun kepercayaan dalam segmen masyarakat yang lebih luas, yang sebagian besar baru belajar tentang pentingnya berasuransi,” jelas Ahmir Ud Deen Business Development Director Prudential Indonesia.

Prudential akan terus menambah mitra distribusi lainnya di masa mendatang guna memperluas akses ke rumah tangga berpendapatan rendah di seluruh negeri.

PRUaman akan menjadi bagian penting dari portofolio produk Prudential Indonesia. Produk ini akan memungkinkan kami untuk memperluas cakupan pasar asuransi jiwa dan membantu kami dalam mengemban tanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap rumah tangga di

Indonesia memiliki akses terhadap layanan dan produk keuangan,” tambah Kuan. “Dengan PRUaman kami membuka pintu lebih lebar untuk masa depan ekonomi yang lebih sehat dengan mengurangi hambatan bagi keluarga Indonesia dalam melindungi masa depan keuangan mereka.”

Tentang Manfaat PRUaman

PRUaman  memiliki empat paket manfaat yang sederhana, dan mudah dipahami. Yaitu:

  • Paket 1: Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan membayar sisa saldo pinjaman kepada LKM.
  • Paket 2: Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan memberikan manfaat sejumlah pinjaman awal dari tertanggung guna terlebih dahulu melunasi sisa pinjaman kepada LKM, dengan sisa manfaat diberikan kepada ahli waris
  • Paket 3: Jika pihak tertanggung meninggal karena sebab apapun selama masa pertanggungan, Prudential Indonesia akan membayar sisa saldo pinjaman kepada pemegang polis, PLUS manfaat dalam jumlah pinjaman awal dibayarkan kepada ahli waris.
  • Paket 4:  manfaat yang diberikan: 

 

  • Manfaat A: Jika pihak tertanggung meninggal dari penyakit atau sebabsebab alamiah, Prudential Indonesia akan melunasi sisa pinjaman kepada LKM, PLUS kompensasi menyamai jumlah pinjaman awal kepada ahli waris.
  • Manfaat B: Jika pihak tertanggung meninggal dunia karena kecelakaan, Prudential Indonesia akan menyelesaikan seluruh kredit yang belum dilunasi kepada LKM, PLUS kompensasi sebesar tiga kali pinjaman awal kepada penerima.