2014 Ini OJK Intensif Dekati Kampus

Monday 17 Feb 2014, 5 : 39 pm
by

JAKARTA-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan lebih mengintensifkan kerjasama dengan para akademisi dari berbagai kampus di Indonesia guna meningkatkan literasi keuangan dan perlindungan konsumen. “Pada tahun ini, kita akan masuk kampus. Target kita, mendorong masyarakat memahami literasi keuangan,” ujar Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad usai menandatangani dokumen kesepakatan kerjasama dengan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Indonesia Banking School di Kampus STIE IBS Jakarta, Senin (17/2).

Muliaman mengatakan, kesepakatan kerjasama tersebut didasari semangat kebersamaan dalam rangka pengembangan keilmuan dan pengabdian kepada masyarakat untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pengembangan sektor jasa keuangan, peningkatan literasi keuangan dan perlindungan konsumen. “Ruang lingkup kesepakatan kerjasama ini, meliputi penelitian, pengajaran dan sosialisasi kepada civitas akademika dan masyarakat untuk pengembangan sektor jasa keuangan, peningkatan literasi keuangan dan perlindungan konsumen,” kata Muliaman.

Dia menjelaskan, kerjasama di bidang penelitian dilaksanakan melalui kegiatan penelitian bersama dan pemberian bantuan penelitian. Sementara itu, lanjut Muliaman, kerjasama di bidang pendidikan dan pengajaran dilaksanakan melalui penyusunan silabus mata kuliah dan modul bersama program pengembangan sektor jasa keuangan.

Selain itu, tambah Muliaman, OJK juga akan menyediakan narasumber untuk kegiatan Training of Trainer (ToT) untuk dosen dan mahasiswa yang akan ditugaskan dalam kegiatan yang berkaitan dengan OJK. “OJK juga akan menyediakan tenaga pendidik dan nara sumber untuk kegiatan kuliah umum, workshop, seminar dan pelatihan terkait materi di sektor jasa keuangan,” imbuhnya.

Di bidang literasi keuangan bersama akademisi, jelas Muliaman, OJK telah menjalin kerjasama dengan sembilan universitas, yaitu Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada, Universitas Trisaksi, Universitas Diponegoro Semarang, Universitas Wahid Hasyim Semarang, Universitas Muhammadiyah Malang, UNS Solo dan Sekolah Tinggi Manajemen IMMI Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Don't Miss

OJK

OJK Teken Perjanjian Bangun Gedung Kantor di IKN 

JAKARTA – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Otorita IKN menyepakati rencana

Indonesia Perkuat Posisi Tiga Besar Produsen Kakao Dunia

BALI-Kementerian Perdagangan (Kemendag) terus berupaya memperkuat posisi Indonesia sebagai produsen