Jokowi Inkonsisten Soal Kabinet Ramping

Ketua Fraksi Gerindra, Ahmad Muzani

JAKARTA-Ketua Fraksi Gerindra, Ahmad Muzani menegaskan langkah Presiden Jokowi dalam membentuk kabinet ramping dan efisien ternyata tidak sesuai dengan yang pernah dijanjikannya.

“Pak Jokowi itu kan menjajikan posturnya tidak berubah, ya itukan berarti apa yang pernah dijanjikannya berbeda dengan kenyataannya,” katanya,  di nusantara 1, Gedung DPR.

Muzani menduga Jokowi dalam posisi terjepit, antara program yang akan dilaksanakan dengan kondisi lapangan soal partai pendukung.

“Saya melihat Jokowi/JK akhirnya harus menyerah dengan keadaan dimana ada situasi yang memaksa sehingga dia harus kompromi dengan keadaan,” tuturnya

Terlihat, kata Muzani, Jokowi mulai tak konsisten dengan ucapannya.

“Saya melihatnya seperti itu, karena janji tidak semudah dengan apa yang diucapkannya,” tegasnya dengan nada lantang.

Baca :  Said: Penerapan ‘Money Follow Program’ Tak Mudah

Koalisi Merah Putih (KMP), tidak akan rekonsiliasi untuk mendapatkan dudukan di kabinet Jokowi/JK, saat ini KMP focus diparlemen , jadi saya kira biarlah itu menjadi wilayah Jokowi/JK dengan partai-partai pendukungnya kita tetap pada kekuatan melakukan check and balance.

Sementara itu Koalisi Indonesia Hebat (KIH),  TB Hasanuddin mengatakan pembagian kursi menteri  akan menjadi semangat baru bagi partai-partai anggota KIH.

Meskipun KIH telah dua kali kalah pada pemilihan pimpinan DPR dan MPR.

“Saat ini tantangan Jokowi-JK akan semakin berat jika KIH pecah lantaran konflik pembagian kursi menteri,” terangnya

Dalam politik, kata dia, keberadaan kader partai politik pendukung di kabinet harus dipastikan.

Pernyataan yang telah dilontarkan presiden terpilih Jokowi, kabinet mendatang akan diisi oleh 34 menteri, yakni 18 dari profesional dan 16 dari partai politik.

Baca :  Legislator Usul Adanya Indikator Layanan Publik Untuk Dorong PNBP Polri

Ada lima partai politik yang sejak awal mengusung pasangan Jokowi-JK yakni PDI Perjuangan, Nasional Demokrat, PKB, Hanura, dan PKPI. (ek)