Citi Tunjuk Batara Sianturi Gantikan Tigor M. Siahaan

JAKARTA-Citi menunjuk bankir asal Indonesia, Batara Sianturi, sebagai Citi Country Officer (CCO) dan Country Head untuk Indonesia menggantikan Tigor M. Siahaan yang telah memimpin Citi di Indonesia sejak tahun 2011. Batara yang juga seorang bankir dengan 27 tahun pengalaman kembali ke Indonesia sebagai Country Head untuk mengelola bisnis korporasi dan konsumer Citi.

Batara, yang akan memulai masa jabatannya setelah mendapatkan persetujuan regulator, akan memimpin seluruh lini usaha Citi yang tersebar di Indonesia. Batara akan bertanggung jawab kepada Michael Zink, Head of ASEAN dan Citi Country Officer untuk Singapura.

Penunjukan sebagai CCO dan Country Head ini merupakan yang ketiga bagi Batara sepanjang karir internasionalnya di Citi yang sudah hampir mencapai tiga dekade. “Kami bangga dengan penunjukan Batara, sebagai veteran Citi dengan 27 tahun pengalaman, untuk menjadi CCO Indonesia. Ia benar-benar akan membawa pulang pengalaman perbankan global yang luas guna memimpin salah satu franchise paling penting kami di wilayah ASEAN. Penunjukan seorang Citibanker senior seperti Batara untuk memimpin bisnis di Indonesia menunjukkan prioritas kami untuk terus berkembang dan berinvestasi di pasar Indonesia,” ujar Michael Zink dalam keterangan tertulisnya, Selasa (7/4).

Baca :  Citibank-Bank DKI Berkolaborasi Tingkatkan Literasi Keuangan

Batara saat ini menjabat sebagai CCO Filipina serta Cluster Head untuk Filipina dan Guam. Sebelumnya, Batara adalah CCO untuk Hungaria serta Cluster Head bagi 12 negara lain di Eropa Timur bagian tengah.

Batara bergabung bersama Citi pada tahun 1988 sebagai Management Associate di Indonesia. Dia memulai karirnya di Consumer Audit and Operations sebelum pindah sebagai Chief Financial Officer (CFO) Consumer.

Pada tahun 1995, Batara pindah ke Citi Australia sebagai General Manager of the Overseas Mortgage business. Setelah kembali ke Indonesia, Batara melanjutkan karirnya di Consumer Banking dan memegang berbagai kedudukan penting seperti: Branch Network & Sales Director; Retail Banking Director; dan Country Marketing Director for Retail Banking and Credit Cards.

Baca :  Citi Dinobatkan Sebagai Best Bank di 8 Negara Asia

Pada tahun 2005, Batara pindah ke Hungaria untuk menjabat sebagai Consumer Business Manager sebelum ditunjuk sebagai CCO untuk Hungaria pada tahun 2007.

Setelah itu, Batara diangkat sebagai Cluster Head pada tahun 2008 untuk membawahi 12 negara Eropa Timur bagian tengah (Serbia, Montenegro, Bosnia, Macedonia, Albania, Kroasia, Slovenia, Estonia, Lithuania, Latvia, Belarus dan Moldova). Menempuh pendidikan di Amerika Serikat, Batara meraih gelar MBA di bidang keuangan dari St John’s University, magister Chemical Enginering dari Stevens Institute of Technology serta sarjana Chemical Engineering and Polymer Science dari Case Western Reserve University.

Citi telah beroperasi di Indonesia sejak tahun 1968. Berdasarkan aset, Citi merupakan salah satu bank asing terbesar di Indonesia. Per Desember 2014, total asel yang dimiliki Citi Indonesia berjumlah IDR65 triliun (USD5,2 miliar). Di Indonesia, Citi mengoperasikan 20 kantor cabang di enam kota besar – Jakarta, Bandung, Surabaya, Semarang, Medan dan Denpasar. Citi merupakan salah satu bank dengan jaringan pembayaran terbesar di Indonesia, memiliki lebih dari 33.000 titik pembayaran, dan salah satu jaringan distribusi korporasi terbesar di Indonesia dengan 4.800 lokasi di 34 provinsi. Selama lima tahun terakhir, Citi berhasil membantu berbagai perusahaan Indonesia untuk mengumpulkan dana lebih dari USD20 milyar berdasarkan data dari Dealogic

Baca :  Berencana Beli Kapal, PSSI Utang USD20 Juta ke Citibank