Dinas PU Tangsel Mulai Perbaiki Tanggul Ambrol

Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan, telah memulai pekerjaan perbaikan sejumlah turap yang ambrol di perumahan Vila Dago Tol. 

TANGERANG-Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan (Tangsel), telah memulai pekerjaan perbaikan sejumlah turap yang ambrol di Perumahan Vila Dago Tol. 

“Di situ ada empat titik longsor, untuk titik yang di RW 20 sudah ditangani dari kemarin sekarang yang di blok D yang diatasnya ada jalur PDAM, yang diblok C itu besok, saat ini mini exavator sudah diturunkan,” kata Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Kota Tangerang Selatan Budi Rahmat Rabu 8 Januari 2020. 

Dia menjelaskan , sejumlah pekerja Dinas PU juga masih berlibur pasca tahun baru, sehingga pengerjaan perbaikan sejumlah turap yang dibangun oleh pengembang perumahan sejak tahun 1990-an itu tidak bisa segera dilakukan perbaikan. 

“Ini sudah ditelpon pekerja kita, karena kemarin habis libur tahun baru Insa Allah besok sudah kembali dan mengerjakan yang di Blok C di Kelurahan Ciater,” katanya. 

Dia menargetkan, pekerjaan pembersihan dan pembangunan turap yang ambrol bisa selesai dalam jangka 14 hari. 

“Target kita bisa selesai 14 hari kerja, tapi sekarang tidak bisa dipastikan melihat cuaca yang seperti ini. Artinya, saat ini kita Pemkot telah turun untuk melakukan perbaikan,” ungkapnya. 

Budi menerangkan, penanganan pertama terhadap empat titik turap yang ambrol itu dengan melakukan pembersihan puing-puing turap yang ambrol. 

“Penanganan pertama pembersihan puing-puing dan baru pengerjaan konstruksi,” ucap dia. 

Selanjutnya, konstruksi akan dilakukan dengan memasang bronjong dan batu belah serta menggunakan tulangan pada strukturnya. 

“Kalau sekarang yang ada, tidak pakai tulangan jadi ambrol semua. Kita rencana pakai bronjong dulu pasangan dan tulangan, tergantung cuaca juga tapi normalnya 14 hari kerja,” ucap dia.