Laba Bersih IKAN Diprediksi Turun 51-75%

ILustrasi

JAKARTA-Manajemen PT Era Mandiri Cemerlang Tbk (IKAN) memperkirakan, laba bersih di Semester I-2020 menurun sekitar 51-75 persen, sehingga pada semester ini perseroan akan berupaya meningkatkan efisiensi operasional, menunda pengerjaan proyek mini plant dan memperluas pasar lokal.

Berdasarkan keterbukaan Informasi IKAN yang dipublikasi Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Kamis (16/7), selama tiga bulan pertama di tahun ini kelangsungan usaha perseroan terganggu oleh kondisi pandemi Covid-19. Sehingga, perseroan memutuskan untuk mambatasi sebagian kegiatan operasional di Jakarta, Gorontalo, Kupang dan Aceh.

Pada 2019, kegiatan operasional yang dibatasi tersebut mampu berkontribusi sekitar 51-75 persen terhadap total pendapatan IKAN secara konsolidasian. Maka, manajemen IKAN memperkirakan bahwa pada Semester I-2020 mengalami penurunan sekitar 51-75 persen (year-on-year).

Dengan demikian, manajemen memprediksi nilai laba bersih IKAN di paruh pertama tahun ini menurun berkisar 51-75 persen (y-o-y). Namun demikian, IKAN mengaku bahwa kondisi pandemi tidak berdampak pada pemenuhan kewajiban pembayaran utang jangka pendek.

Lebih lanjut manajemen IKAN mengungkapkan, guna memperbaiki kinerja keuangan dan mempertahankan kelangsungan usaha, maka perseroan akan meningkatkan efisiensi pada kegiatan operasional, menunda pengerjaan proyek pembangunan mini plant hingga kondisi lebih kondusif dan pasar kembali normal, serta memgupayakan perluasan pasar lokal