Siap Rilis Obligasi Rp1,4 Triliun, SMAR Tawarkan Kupon 8-10,5%

ILustrasi

JAKARTA-PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) berencana melakukan Penawaran Umum Berkelanjutan II (PUB II) dengan menerbitkan Obligasi Berkelanjutan II Tahap II-2020 sebesar Rp1,4 triliun yang memiliki tingkat kupon berkisar 8-10,5 persen.

Rencana penerbitan obligasi tersebut disampaikan melalui keterbukaan informasi SMAR yang dilansir Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Senin (5/10). Total target dana yang akan dihimpun melalui penerbitan Obligasi Berkelanjutan II mencapai Rp3 triliun.

Manajemen SMAR menyebutkan, rencana penerbitan Obligasi Berkelanjutan II Tahap II-2020 memiliki jumlah pokok sebesar Rp1,4 triliun atau lebih besar dibandingkan Tahap I-2020 yang senilai Rp775 miliar.

Obligasi Berkelanjutan II Tahap II-2020  akan diterbitkan tanpa warkat, kecuali Sertifikat Jumbo Obligasi yang akan dirilis SMAR atas nama PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).

Baca :  Tahun Baru, Waktunya Upgrade Resolusi Kamu Dalam Berinvestasi

Obligasi ini ditawarkan dengan nilai 100 persen dari jumlah pokok obligasi yang terbagi menjadi tiga seri. Seri A akan ditawarkan sebesar Rp572 miliar dengan tingkat bunga tetap sebesar 8 persen pertahun dan memiliki jangka waktu 370 hari kalender yang terhitung sejak tanggal emisi.

Sedangkan untuk Seri B memiliki jumlah yang ditawarkan senilai Rp280 miliar dengan tingkat kupon 9,75 persen yang berjangka waktu tiga tahun. Seri C memiliki jumlah sebesar Rp548 miliar dengan tingkat kupon mencapai 10,5 persen dan berjangka waktu lima tahun.

Pembayaran bunga obligasi pertama akan dilakukan pada 22 Januari 2021, sedangkan pembayaran bunga terakhir sekaligus jatuh tempo masing-masing pada 2 November 2021 untuk Seri A, pada 22 Oktober 2023 untuk Seri B dan pada 22 Oktober 2025 untuk Seri C.

Baca :  PUB Tahap Satu, Bank Mantap Catatkan Obligasi Rp1 Triliun

Pada aksi korporasi ini, SMAR menunjuk tiga penjamin pelaksana emisi obligasi, yakni PT BCA Sekuritas, PT CIMB Niaga Sekuritas dan PT Sinarmas Sekuritas.

Sedangkan wali amanat dalam penerbitan obligasi ini dipercayakan kepada PT Bank Mega Tbk (MEGA). PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) telah memberikan peringkat pada Obligasi Berkelanjutan SMAR di posisi idA+ (single A plus).

Rencananya, sebesar 42 persen dana hasil penerbitan obligasi ini akan digunakan untuk belanja modal, yakni membiayai penyelesaian penambahan kapasitas pabrik biodiesel SMAR di Tarjun, Kalimantan Selatan.

Sedangkan, sebesar 29 persen untuk membayar angsuran sebagian pokok utang bank jangka panjang kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI) dan PT Bank Central Asia Tbk (BBCA).

Baca :  Gandeng Perencana Keuangan, BNI Syariah Bagikan Tips Investasi di Surat Berharga Syariah

Perlu diketahui, tanggal penawaran obligasi pada 15,16 dan 19 Oktober 2020, tanggal penjatahan pada 20 Oktober 2020, tanggal pengembalian uang pemesanan pada 22 Oktober 2020, tanggal distribusi obligasi secara elektronik (tanggal emisi) pada 22 Oktober 2020 dan tanggal pencatatan di BEI pada 23 Oktober 2020.