5 Alasan Untuk Mulai Bermain Bulu Tangkis Agar Tetap Sehat Dalam Pandemi Ini

Ilustrasi

JAKARTA-Pandemi yang berjangkit di seluruh dunia memengaruhi kehidupan jutaan orang, termasuk rutinitas sehari-hari kita.

Di satu sisi, kita dihimbau untuk mengurangi aktivitas di luar rumah. Tetapi, di sisi lain, kita juga perlu meningkatkan kebugaran agar mampu menangkal infeksi virus.

Nah, salah satu aktivitas yang dapat kita lakukan untuk menjaga stamina adalah berolahraga, terutama bermain bulu tangkis.

Yang kita perlukan hanyalah shuttlecock, sepasang raket, dan sedikit ruang. Aktivitas ini memiliki beberapa keunggulan yang dapat membantu Anda menjaga kesehatan meski tetap berada di sekitar rumah.

Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Olahraga yang menyenangkan

Bulu tangkis adalah olahraga yang menyenangkan karena menyerupai sebuah permainan. Olahraga ini juga dapat dilakukan dengan mudah sambil tetap berada di dalam ruangan atau di halaman belakang Anda.

Selain itu, aktivitas fisik apa pun akan membuat otak Anda melepaskan endorfin, yang dikenal sebagai hormon kebahagiaan.

Nah, bulu tangkis adalah permainan yang melibatkan gerakan fisik secara ekstensif sehingga melepaskan lebih banyak endorfin. Hormon ini membantu Anda melawan kecemasan, kelelahan, dan meningkatkan kesehatan mental secara alami.

Baca :  Presiden: Kunci Utama Pemulihan Bali Terletak Kemampuan Tangani Pandemi

2. Meningkatkan kesehatan paru-paru

Bermain bulu tangkis terbukti dapat meningkatkan kesehatan dan fungsi paru-paru secara drastis. Hal ini karena saat Anda berlari mengejar shuttlecock, Anda membutuhkan banyak ledakan energi dengan cepat, yang memberi tuntutan intens pada paru-paru dan jantung Anda.

Sirkulasi darah Anda akan menjadi lancar dan meningkatkan stamina tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, bulu tangkis juga menambah kekuatan otot, seperti pada betis, paha depan, bahkan otot inti Anda.

Tentu saja, Anda juga membangun kekuatan di lengan bawah dan otot deltoid (otot yang membentuk bahu dan mendukung gerakan bahu), sehingga dapat melakukan pukulan smash pada saat yang tepat. Semakin banyak Anda bermain, beberapa kelompok otot itu akan bertambah kuat.

3. Membuat Anda termotivasi

Bermain bulu tangkis tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan fisik, tetapi juga mental.

Olahraga ini mampu membantu mood Anda tetap terjaga, kuat, dan membuat Anda termotivasi. Motivasi memiliki dampak pada segala aspek perilaku kita. Kekuatan energi internal itu juga mengaruhi cara kita merasakan, berpikir, dan berinteraksi dengan orang lain.

Baca :  SKDU Tw II-2020: Kegiatan Dunia Usaha Turun

Nah, bulu tangkis mendorong Anda untuk mengembangkan potensi dan menghargai pencapaian, menjadi versi diri Anda yang lebih baik lagi.

Dalam masa pandemi yang tidak menentu, motivasi sangat dibutuhkan agar Anda dapat terus bertahan, bahkan berjalan maju meski kehidupan Anda tidak terasa sama lagi.

4. Melawan Stres

Pandemi yang memaksa orang-orang tetap tinggal di rumah banyak memicu risiko terjadinya depresi.

Dengan bermain bulu tangkis, Anda dapat mengurangi kemungkinan buruk ini dan membebaskan diri dari stres.

Anda bahkan dapat menikmati tidur yang lebih nyenyak di malam hari dan mencegah risiko timbulnya penyakit akibat kurang tidur.

Sisihkan waktu sekitar 15 hingga 30 menit dari rutinitas harian Anda untuk bermain bulu tangkis. Olahraga ini cukup intens dan membutuhkan pengerahan tenaga fisik.

Aktivitas fisik yang ekstra akan membantu pikiran Anda menjadi rileks dan melepaskan stres dari tubuh Anda. Dengan kondisi pikiran dan suasana hati yang lebih santai, Anda bisa lebih fokus pada hidup Anda.

Baca :  New Normal, Pemkot Tangsel Siapkan Regulasi Operasional Mal dan Pasar Tradisional

5. Menciptakan gaya hidup yang lebih baik

Faktor gaya hidup ikut berperan dalam menentukan kesehatan Anda. Salah satunya adalah aktivitas fisik.

Gaya hidup yang tidak aktif atau tidak banyak bergerak biasanya berdampak langsung pada penurunan imunitas dan peningkatan risiko penyakit kronis.

Karena itu, aktivitas fisik menjadi sangat penting selama pandemi.

Dengan semua manfaat kesehatan yang Anda dapatkan setelah mulai bermain bulu tangkis, Anda akan memiliki gaya hidup yang lebih baik.

Olahraga secara rutin, dengan tidur malam yang lebih nyenyak akan membuat Anda merasa lebih aktif dan berkinerja lebih baik dengan tugas-tugas harian Anda. Selain itu, fisik yang bugar dan perasaan yang tenang akan membantu Anda menjalani keseharian dengan lebih nyaman.

Jadi, bulu tangkis menawarkan banyak hal untuk Anda di masa pandemi ini, entah Anda melakukannya karena ingin melatih kardio, atau karena itu cara yang menyenangkan untuk berolahraga. Semakin banyak Anda berlatih, permainan Anda akan semakin baik, begitu juga kesehatan dan kebugaran Anda secara keseluruhan.