Jaga Finansial dan Jiwa Saat Terkena Kanker

Ilustrasi

JAKARTA-Membahas penyakit kanker tentu tidak bisa lepas dari perasaan sedih, bingung, kalut, dan perasaan negatif lainnya.

Sayangnya, berbagai perasaan tersebut hanya memperberat gejala dan memicu gangguan pada kesehatan mental.

Gangguan pada mental dapat memperburuk kondisi kanker dan mengganggu proses pengobatan.

Keputusan bijaksana yang bisa kita lakukan hanya mematuhi jadwal pengobatan rutin, berupaya meningkatkan kesehatan fisik semampunya serta mengurangi berbagai faktor yang dapat memperburuk perjalanan penyakit kanker dan yang tidak kalah penting adalah mempersiapkan diri dari segala kemungkinan karena butuh biaya yang besar selama proses pengobatannya.

Saat kita mengetahui adanya tanda-tanda fisik yang mengarah ke gejala kanker dan atau diagnosa dari dokter, sebaiknya kita sudah mempersiapkan diri pada kemungkinan terjadinya kerugian finansial dan perubahan mental.

Jaga Finansial Saat Perawatan Kanker

Persiapan finansial perlu kita lakukan karena pengobatan kanker membutuhkan biaya yang tidak sedikit dan dapat bersifat jangka panjang.

Jumlah biaya perawatan pada setiap pasien juga berbeda tergantung pada kondisi sakit, durasi pengobatan, dan peralatan pengobatan yang digunakan.

Mungkin saat pertama kali menjalani pengobatan, kita masih dapat membiayainya.

Tetapi, sudah pasti akan menguras keuangan ketika hasil diagnosa menunjukkan hasil yang kurang bagus, jika harus menjalani terapi lanjutan, atau pindah ke jenis terapi lainnya.

Baca :  Bayar Premi Asuransi Super You Bisa Lewat Go-Pay

Ini berpotensi pelik karena selain menguras keuangan juga berpotensi membuat pasien kehilangan mata pencaharian hingga berhentinya berbagai rutinitas, batalnya rencana masa depan, hingga mengalami tekanan mental.

Salah satu solusi finansial adalah memiliki asuransi kesehatan. Sayangnya, asuransi hanya dapat dimiliki ketika kondisi kesehatan masih sehat.

Untuk itu Agency Development Manager Henry Kurniawan K S, RFP®, LCPC menyarankan agar masyarakat, utamanya yang masih, muda, bugar, dan produktif segera miliki asuransi kesehatan karena asuransi kesehatan adalah solusi jika seseorang terkena sakit dan memerlukan rawat inap hingga terkena penyakit kritis.

Imbaunya, jika sudah memiliki asuransi kesehatan maka saat harus dirawat inap, pasien bisa mendapatkan perawatan kesehatan karena perusahaan asuransi yang akan membayar biaya perawatan yang nilai tanggungannya sesuai dengan perjanjian yang tercantum pada polis.

Henry juga menyarankan agar masyarakat senantiasa mengevaluasi asuransi kesehatan yang dimiliki.

“Jika sudah memiliki asuransi kesehatan, Anda dapat menilik kembali manfaatnya. Apakah sudah komprehensif saat penyakit kritis menyerang. Sedangkan jika Anda belum memiliki asuransi kesehatan, pilihlah yang manfaatnya lengkap dan nilainya mengikuti perkembangan zaman, misalnya kenaikan inflasi akan diikuti kenaikan biaya rumah sakit. Tetapi, asuransi kesehatan yang komprehensif tetap dapat diandalkan karena menjamin perlindungan walau terjadi kenaikan biaya rumah sakit di masa mendatang,” sebut Henry.

Baca :  Sequis Pelopori Program Perlindungan Pasca Vaksinasi Covid-19

Menurut Henry, asuransi kesehatan yang komprehensif akan membantu pasien berfokus pada upaya penyembuhannya.

Keluarga pun tidak khawatir soal biaya perawatan, tidak perlu berhenti sekolah, tidak perlu meminjam uang, atau menggadaikan barang berharga serta masih dapat beraktivitas karena keuangan keluarga tetap terjaga. Tanpa memiliki asuransi kesehatan, nasabah harus menanggung sendiri risikonya.

Penyakit kritis, seperti kanker yang dapat membuat finansial keluarga tergerus, dijawab oleh Sequis melalui produk Sequis Q Infinite MedCare Rider dengan X Booster yang fokus pada perlindungan penyakit kritis.

Melalui SQIMC dengan Xbooster, pasien bisa mendapatkan perawatan kanker dan dialisis (cuci darah) dengan nilai manfaat hingga Rp90 miliar/ tahun dan tersedia perawatan kanker eksperimental, seperti terapi imun, terapi target, dan terapi hormon dengan nilai manfaat hingga Rp1,8 miliar. Manfaat tersebut sudah termasuk biaya konsultasi, tes, dan obat. Nilai ini pun akan terbarukan setiap tahun.

Saat membutuhkan biaya untuk rawat jalan kanker dan memantau penyakit kritis maka SQMIC dengan XBooster dapat diandalkan karena klaim rawat jalan kanker, seperti kemoterapi dan radioterapi akan dibayarkan sesuai tagihan.

Jika nasabah melakukan klaim ke penanggung lain atau asuransi yang disponsori pemerintah atau produk Sequis yang lain maka akan diberikan cashback 10% dari total klaim kesehatan yang memenuhi syarat sesuai perjanjian polis.

Baca :  Sequis Gandeng VENTENY: Tawarkan Asuransi Mikro Sequis Sejahtera untuk Karyawan

Nasabah juga tidak perlu khawatir soal berapa lama harus menjalani rawat inap karena SQIMC memberikan perlindungan tidak terbatas untuk biaya harian kamar rumah sakit, biaya konsultasi, dan biaya harian kamar perawatan intensif.

“SQIMC dengan XBooster sangat baik untuk dimiliki sebagai persiapan masa depan karena Penyakit Tidak Menular (PTM) telah menjadi ancaman bagi kesehatan manusia modern. Tingginya biaya pengobatan kanker adalah alarm bagi kita bahwa penyakit kanker tidak menunggu seseorang siap secara finansial sehingga selagi kita sehat mari lindungi diri dengan asuransi kesehatan bersama SQIMC dengan XBooster dari Sequis,” tambah Henry.

Adapun Total Klaim Kesehatan atas PTM, khususnya klaim kesehatan untuk penyakit kanker yang telah dibayarkan Sequis selama kuartal III-2020 sebesar lebih dari Rp9,8 miliar untuk lebih dari 400 kasus.

Jaga Jiwa Saat Perawatan Kanker

Persiapan lainnya yang terkait dengan penyakit kanker adalah persiapan dari bidang kedokteran jiwa (psikiatri).

Persiapan ini perlu diperhatikan oleh pasien dan keluarganya karena diagnosa kanker identik dengan penyakit berat dan penyakit mematikan.

Hal ini merupakan stressor dan bila stressor tidak teratasi seseorang mengalami distress dan memicu berbagai gangguan psikiatri, seperti depresi, kecemasan, psikosomatik bahkan psikotik.