24 Rumah Sakit, 44 Puskesmes dan 17 Klinik di Tangerang Siap Layani Penyuntikan Vaksin

Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Rabu (13/1/2021)

TANGERANG-Dinas Kesehatan Kabupaten dan Kota Tangerang, masih menunggu kehadiran vaksin Sinovac dari Pemerintah Provinsi Banten.

Saat ini, Pemprov Banten, fokus terhadap pemberian vaksin di Kota Tangerang Selatan dan Serang.

Juru bicara satuan tugas penanganan percepatan Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi mengaku telah siap memvaksinasi para Tenaga Kesehatan (Nakes) yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang.

Berdasarkan jadwal, pendistribusian vaksin Sinovac dari Pemprov Banten ke Pemkab Tangerang, pada akhir Januari 2021.

“Penyuntikan vaksin kita siapkan di 24 RS umum Pemerintah dan swasta, 44 Puskesmas dan 17 klinik yang sudah kita daftarkan untuk pelayanan Vaksin Covid-19,” jelas Juru Bicara Satgas Covid-19 Kabupaten Tangerang, Hendra Tarmizi, Rabu (13/1/2021).

Baca :  Airlangga: Vaksinasi COVID-19 dan Penerapan Protokol Kesehatan Harus Seiring

Hendra menerangkan, pada saat pelaksanaan vaksinasi tersebut, nantinya setiap fasilitas kesehatan (Faskes), hanya akan melayani minimal satu sesi sebanyak 20 orang pada setiap sesi.

“Untuk jadwalnya mereka (faskes) yang menginput. Pelaksanaannya nanti, ada yang dua kali seminggu, 3 kali seminggu dan ada yang senin sampai jumat melakukan pelayanan vaksinasi. Tergantung RS masing – masing. Maksimal sehari 20 orang dan 20 ini dianggap antri sekitar 30 menit. Jadi ini diperkirakan baru akan selesai sore hari,” terang dia.

Sementara kota Tangerang Selatan, mengaku telah menerima 8.901 vaksin Covid-19 dan siap melaksanakan vaksinasi pada Jumat (14/1/2021) besok.

“8.901 vaksin dari Dinas Kesehatan Provinsi Banten, sudah disimpan di storage Dinas Kesehatan yang kita jaga suhunya,” ungkap Wali Kota Tangsel, Airin Rachmi Diany

Baca :  Vaksinasi Jadi Kunci Pendorong Agar Industri Tumbuh 4%

Dia menjelaskan, jumlah vaksin yang dikirimkan Dinkes Provinsi Banten itu, kurang lebih berjumlah1.560 dosis.

Dari usuluan yang diajukan sebanyak 10.461 dosis vaksin untuk disuntikan pada tahap awal gelombang vaksinasi bagi Tenaga Kesehatan (Nakes).

“Terdata untuk petugas medis hampir 10.461 dosis vaksin. Jadi masih ada kurang dan nanti akan ditambahkan tentu 14 hari kemudian di penyuntikan pada tahap selanjutnya,” kata dia.

Setelah ini, Dinkes Tangsel melakukan simulasi vaksinasi Covid-19 di RSU Tangsel dan Puskesmas Jurang Mangu, Kecamatan Pondok Aren.

“Ada simulasinya besok tanggal 14 dan penyuntikan di tanggal 15,” terang Wali Kota Tangsel.