Dinsos Tangerang Salurkan BST Kepada 151.056 KPM

ilustrasi

TANGERANG-Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang, mengaku baru menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada 151.056 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pada pekan kemarin.

“Sedang berjalan mulai Kamis-Jumat kemarin. Sabtu-Minggu kemarin juga berjalan untuk Kecamatan Balaraja dan Gunung Kaler,” ungkap Kadis Sosial Kabupaten Tangerang, Ujat Sudrajat dikonfirmasi, Senin (18/1/2021).

Ujat menegaskan, BST Rp300 ribu dari Kementerian Sosial disalurkan melalui PT Pos Indonesia, setiap keluarga penerima nantinya akan menerima undangan dari pihak kelurahan atau desa untuk pengambilan BST tersebut.

“Mekanisme penyaluran oleh PT POS. Kami Dinsos bersama kecamatan merapatkan titik penyaluran, biasanya kami menumpang di gedung – gedung sekolah. Setelah waega menerima undangan dari kantor kelurahan / desa warga mengambil dengan persyaratan yang dilengkapi sesuai jadwal dan waktu pengambilan,” tuturnya.

Baca :  Dinsos DKI Jakarta dan Bank DKI Mulai Salurkan Bantuan Sosial Tunai

Guna menghindari adanya kerumunan saat pengambilan BST, Dinsos Kabupaten Tangerang, menegaskan hanya akan mempersilahkan penerima BST masuk ke lokasi penyaluran, sesuai waktu yang ditetapkan.

“Penerima undangan, harus memerhatikan jam pengambilan. Kami tidak akan izinkan warga masuk sebelum jam pengambilan. Agar tidak terjadi penumpukan orang,” imbuhnya.

Ajat mengaku, penyaluran BST pertama tahun 2021 ini dapat selesai pada (25/1/2021). Sesuai target dan tenggat waktu yang ditetapkan Kemensos RI.

“Ada tenggat waktunya. Kalau melebihi (tenggat waktu) nanti duitnya ditarik lagi oleh pusat. Kita targetkan 25 Januari ini selesai,” jelasnya.

Ajat juga menegaskan, warga penerima BST untuk membelanjakan uang bantuan tersebut, untuk memenuhi kebutuhan pangan keluarga.

Baca :  53.152 Desa Telah Tersalurkan BLT Dana Desa

“Sesuai amanat Bapak Presiden BST ini adalah bantuan pangan, dibelanjakan untuk kebutuhan pangan keluarga, jangan membeli rokok,” tegasnya.