Pemegang Saham Setujui PBRX Bayar Utang Melalui Penerbitan Bonds

ILustrasi

JAKARTA-PT Pan Brothers Tbk (PBRX) melaporkan bahwa para pemegang saham telah menyetujui rencana perseroan untuk menerbitkan surat utang sebesar-besarnya USD350 juta yang penggunaannya untuk membayar utang PBRX dan entitas anak.

Keterangan resmi Pan Brothers yang disampaikan Corporate Secretary PBRX, Iswardeni di Jakarta, Rabu (27/1) menyebutkan bahwa pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPS-LB) yang diselenggarakan kemarin di Jakarta, para pemegang saham PBRX telah menyetujui rencana perseroan untuk menerbitkan surat utang sebanyak-banyaknya USD350 juta.

Iswardeni mengatakan, bonds tersebut akan jatuh tempo pada tahun 2026 dan akan dicatatkan di bursa efek Singapura (Singapore Exchange/SGX).

‚ÄúSurat utang ini dijamin oleh PBRX dan entitas anak perseroan yang penggunaannya untuk melunasi pinjaman PBRX dan entitas anak senilai USD171,08 juta yang jatuh tempo pada Januari 2022,” katanya.

Baca :  PBRX Ubah Penggunaan Dana PUT III Sebagai Modal Kerja

Selain itu, lanjut Iswardeni, hasil dari penerbitan surat utang itu juga akan dimanfaatkan untuk melakukan pembiayaan kembali utang sindikasi (refinancing) sebesar USD138,5 juta, sedangkan sisanya akan digunakan untuk modal kerja Pan Brothers.

Sebelumnya, PBRX menunda pelaksanaan RUPS-LB yang akan meminta persetujuan para pemegang saham terkait rencana penerbitan bonds tersebut.

Rencananya, pelaksanaan RUPS-LB tersebut dilaksanakan di Jakarta, 6 Januari 2021.

Berdasarkan keterangan Fitch Ratings Indonesia yang disampaikan melalui surat elektronik pada 11 Januari 2021, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) telah meminta kepada PBRX untuk menunda RUPS-LB yang diagendakan pada 6 Januari 2021.

Sehingga, Fitch memutuskan untuk menurunkan peringkat PBRX dari CCC- menjadi CC.

Fitch juga telah menurunkan peringkat surat utang PBRX sebesar USD171 juta yang akan jatuh tempo pada Januari 2022 ke level CC dari posisi CCC-.

Baca :  Strategi Refinancing Tertunda, Fitch Downgrade Peringkat PBRX Jadi CC

Surat utang tanpa jaminan ini diterbitkan oleh anak usaha perseroan, PB International BV.