ROTI Divestasi 55% Saham Anak Usaha ke Monde Nissin

Ilustrasi

JAKARTA-PT Nippon Indosari Corpindo Tbk (ROTI) melaporkan bahwa perseroan telah menuntaskan penjualan dan pengalihan 55 persen saham di anak usahanya, PT Sarimonde Foods Corporation kepada Monde Nissin Corporation senilai 256,15 juta peso.

Berdasarkan laporan manajemen Sari Roti yang dipublikasikan Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Rabu (13/1), Sarimonde dan Monde Nissin merupakan perusahaan yang didirikan berdasarkan hukum Filipina.

Penyelesaian transaksi penjualan saham Sarimonde ke Monde Nissin dilakukan pada 11 Januari 2021.

“Perseroan telah menuntaskan penjualan dan pengalihan seluruh 55 persen saham yang dimiliki oleh Sari Roti di entitas anak perusahaan, yaitu Sarimonde kepada Monde Nissin senilai Php256,15 juta,” demikian disebutkan Corporate Secretary ROTI, Sri Mulyana dalam keterangan resmi perseroan yang disampaikan kepada Otoritas Jasa Keuangan OJK dan BEI.

Baca :  RUPS ROTI Setujui Pembagian Dividen Sebesar 50% Dari Laba Bersih

Manajemen ROTI mengungkapkan, penjualan saham anak usahanya tersebut bertujuan agar perseroan lebih konsentrasi pada pengembangan usaha Sari Roti di dalam negeri.

Sedangkan, dana hasil divestasi itu rencananya akan digunakan untuk menunjang kegiatan usaha ROTI.

ROTI tercatat tidak mempunyai hubungan afiliasi dengan Monde Nissin dan transaksi pengalihan saham tersebut juga bukan merupakan transaksi material.

“Divestasi saham pada entitas anak perusahaan Sari Roti ini akan membuat perseroan dapat lebih fokus pada pengembangan potensi atau peluang usaha di dalam negeri pada saat ini,” kata Sri Mulyana.