Tumbuhnya Start Up Menandai Kebangkitan Ekonomi Digital di Indonesia

Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny Gerard Plate,

JAKARTA-Tumbuhnya perusahaan start up di tengah wabah global COVID-19 menjadi penanda kebangkitan perekonomian digital Indonesia.

Maka, keberadaan perusahaan di atas harus senantiasa mendapatkan dukungan dari berbagai pemangku kepentingan.

“Kehadiran startup digital seperti Traveloka di hilir digital ekonomi akan mewarnai perjalanan bangsa ini untuk menjadi pemenang di digital ekonomi kita,” ujar Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Johnny Gerard Plate di Jakarta, Kamis (18/3/2021).

Menurut dia, sektor ekonomi digital di Indonesia berpeluang menjadi andalan dalam pemulihan ekonomi nasional yang terdampak pandemi.

Dengan, menggunakan teknologi masyarakat dapat tetap melakukan kegiatan produktif di mana pun yang dapat menghasilkan keutungan secara finansial.

Kemudahan yang ditawarkan melalui penggunaan teknologi ini, kini kerap menjadi pilihan berbagai elemen masyarakat dalam melakukan kegiatan belanja daring.

Baca :  Regulasi Diharapkan Tidak Membatasi Inovasi Start-Up

“Kehadiran start up digital menjadi salah satu kontribusi penting peningkatan ekonomi digital di Indonesia,” katanya.

Sebab itu, perkembangan start up di dalam negeri akan disambut baik oleh pemerintah. Sehingga, dapat berperan dalam memulihkan perekonomian dalam negeri dari krisis yang diakibatkan oleh wabah global di atas.

“Saya tentunya menyambut dengan baik ini dan pemerintah mengambil bagiannya secara sungguh-sungguh,” tuturnya.

Ia meyakini, adanya kebangkitan sektor digital akan membuat kontraksi perekonomian dalam negeri yang mencapai minus 2,7 persen dapat diatasi.

Bahkan, dapat mewujudkan target pertumbuhan 2021 yakni tumbuh positif 5 persen.

Dengan strategi yang disusun secara komprehensif oleh Presiden Joko Widodo, rasanya pertumbuhan perekonomian tersebut dapat di raih dalam beberapa waktu ke depan.

Baca :  Kominfo Gandeng Platform Dagang Daring Tingkatkan Keamanan Data

“Kita dengan kerja serius, kerja sungguh-sungguh dibawah leadership Presiden mampu mengatasi itu. Dan ini pertanda baik bahwa kita akan segera masuk ke satu era baru, era yang gak pernah kita ramalkan sebelumnya, di mana migrasi kehidupan dunia fisik ke dunia digital tidak bisa kita hindari lagi,” imbuhnya.